Mau Ganti Ukuran Ban Motor? Simak Tips Ini Dulu

Otomotif65 views

METRO, Manado- Mengganti ban memang bisa membuat tampilan sepeda motor jadi lebih keren. Mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar membuat tampilan motor lebih kekar, sedangkan menggantinya dengan ukuran ban yang lebih kecil membuat sepeda motor terlihat lebih ramping.

Memang tidak ada larangan khusus untuk mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil, asal sesuai batas toleransi perubahannya. Tetapi perlu diingat, perubahan ukuran ban bisa berpengaruh pada performa, kenyamanan dan kestabilan sepeda motor itu sendiri.

Ukuran ban sebaiknya menyesuaikan anjuran pabrikan sepeda motor yang terdapat di dalam buku pedoman pemilik sepeda motor.

Kalau pun ingin mengganti ban dengan ukuran yang berbeda, sesuaikanlah dengan batas toleransinya, karena jika ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil bisa membahayakan pengendara.

Selain itu, penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai anjuran pabrikan bisa memengaruhi performa, kenyamanan dan kestabilan sepeda motor saat dikendarai.

Penggunaan ban dengan ukuran lebih besar bisa membuat motor terasa sedikit lebih berat. Selain akibat penambahan bobot ban, area permukaan ban yang nemempel di aspal akan lebih lebar sehingga tahanan laju sepeda motor lebih tinggi.

Sementara itu, mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil memang membuat motor bisa melaju kencang. Selain akibat bobot ban lebih ringan, permukaan ban yang menempel di aspal lebih sedikit sehingga tahanannya pun lebih kecil. Tapi risikonya adalah pengendalian sepeda motor jadi lebih liar dan daya cengkram ban pada permukaan aspal lebih kecil sehingga ban mudah slip.

Karena itu, lihatlah detail ban melalui kode yang ada pada ban, mulai dari lebar, tinggi, diameter pelek hingga maksimum beban berat yang bisa diterima ban.

Gunakanlah ban sesuai anjuran pabrikan agar sepeda motor dapat digunakan dengan performa terbaiknya. Pakailah ban dari Honda Genuine Parts (HGP) agar terjamin kualitasnya.

Technical Service Dept Head PT DAW, Ridwan Suwandie, mengatakan dengan melakukan perawatan berkala secara teratur akan menghindari kerusakan yang lebih parah dan mengurangi risiko kecelakan. Selain itu sepeda motor dapat lebih optimal dan bertenaga.

“Perawatan yang baik dapat menjadi investasi jangka panjang untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Gunakanlah layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri dengan mendownload Daya Auto melalui Play store maupun App store,” kata Ridwan.(71)

Komentar