oleh

Tak Penuhi 30% Perempuan, Berkarya Dapil III Dianulir

-Minut & Bitung-150 views

METRO, Airmadidi – KPU Minahasa Utara akhirnya menganulir seluruh caleg Dapil III (Wori, Likbar dan Liktim) Partai Berkarya dalam pemilu 2019 mendatang. Pasalnya Partai Berkarya Minut akan tidak memiliki caleg perempuan dari Dapil III tersebut.

Sebelumnya di Dapil III itu ada dua bakal caleg perempuan. Namun kedua perempuan itu tiba-tiba mengundurkan diri saat batas akhir pemasukan kelengkapan berkas di KPU Minut 31 Juli 2018 silam. Padahal dua pekan lalu partai yang dipimpin Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto ini mengajukan permohonan kepada Bawaslu Minut agar KPU Minut tetap tidak menghapus dan tetap mengakomodir dua bacaleg perempuan dari dapil III tersebut.

Setelah lewat mediasi dan beberapa kali sidang adjudikasi oleh Bawaslu Minut, akhirnya pada sidang keputusan yang digelar di sekretariat Bawaslu, Senin (03/09/2018), menolak permohonan Partai Berkarya Minut. Sementara Ketua Partai Berkarya Minut Cornelis Rumbayan dan sekretaris Toar Walukow menerima keputusan hasil sidang adjudikasi Bawaslu yang diketuai Simon Awuy SH didampingi Rocky Ambar SH LLM dan Rahman Ismail SH.

Terkait hal itu Ketua KPU Minut Stella Runtu mengungkapkan berkas dua bacaleg perempuan dapil III dari Partai Berkarya sampai batas akhir 31 Juli 2018 pukul 24.00 wlWita tak juga dimasukkan. “Kedua perempuan ini hanya memasukkan nama dan foto. Tapi berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan tak satupun dimasukkan,” ungkap Runtu.

Lanjut Runtu, KPU Minut tetap berpegang pada UU pemilu dan peraturan KPU yang menegaskan dapil yang tak memenuhi syarat minimal 30 persen kuota perempuan maka seluruh caleg partai bersangkutan di dapil tersebut dinyatakan gugur semua, “Karena itu pada DCS, dapil III Partai Berkarya sudah dikosongkan dan pastinya dalam DCT juga demikian,” tegasnya.

PENULIS: Agust Randang