oleh

Dua Staf Perusahaan Pengadaan Solar Cell Diperiksa Kejari Minahasa

Noprianto Sihombing SH MH

METRO, Tondano – Dalam proses penyelidikan atas pengadaan Solar Cell di 53 Desa di Kabupaten Minahasa tahun 2017 lalu melalui Dana Desa (DanDes). Kejaksaan Negeri (Kejari) pun melakukan pemeriksaan terhadap dua orang staf CV Berkat Abadi Manado selaku perusahaan pengadaan, Kamis (06/09/2018).
Kepala Kejari Minahasa Rakhmat Budiman T SH MKn melalui Kasi Intelejen Noprianto Sihombing SH MH tak menapik ketika dikonfirmasi akan hal tersebut.
“Ya benar dua orang dari CV Berkat Abadi Manado telah kami periksa,” kata Sihombing.
Namun menurut Sihombing pihaknya tak bisa membocorkan ke publik materi pemerikaaan terhadap dua orang tersebut. Karena nantinya kedepan Kejari Minahasa menargetkan memeriksa direktur perusahaan tersebut.
Bukan saja itu, Sihombing pun tak menapik jika pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Hukum Tua (Kumtua) di 53 Desa tersebut.
“Kalau Kumtua hampir semua sudah diperiksa,” jelas Sihombing.
Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat Minahasa untuk mewaspadai adanya oknum-oknum yang memanfaatkan proses penyelidikan tersebut. Karena informasi didapat oleh Kejari ada oknum-oknum yang mendatangi pihak terkait dalam pengadaan tersebut untuk mencari keuntungan.
Sementara diberitakan sebelumnya jika pengadaan Solar Cell di 5 Kecamatan itu yakni Tombariri, Tombariri Timur, Mandolang, Pineleng dan Tombulu dilakukan penyelidikan oleh Kejari Minahasa. Hal itu dikarenakan pengadaan tersebut seharusnya untuk menerangi desa di malam hari, tapi ternyata tidak.
Itu terjadi karena pihak perusahaan tidak memasang secara lengkap solar cell yang sudah dibayar oleh pemerintah desa.
Bahkan harga setiap unit dikabarkan sangat besar dan jauh dari harga biasanya.
Bukan saja itu, disinyalir dalam pengadaan tersebut para Kumtua diarahkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta petinggi di Pemkab Minahasa. Sehingga para Kumtua wajib untuk melakukan pengadaan dan membelinya di perusahaan tersebut.

Penulis: Marcelino

Komentar