oleh

Bawaslu Kabulkan Sebagian Permohonan Partai Berkarya Minahasa

Pembacaan putusan dalam sidang adjudikasi oleh Bawaslu Minahasa

METRO, Tondano – Sengketa antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Partai Berkarya Minahasa telah mengantongi putusan resmi melalui sidang Adjudikasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kamis (06/09/2018).

Dalam sidang yang dipimpin Ketua Rendy Umboh, Bawaslu memutuskan menerima sebagian permohon Partai Berkarya sebagai pemohon. Selain itu KPU Minahasa selaku termohon diminta untuk menjalankan putusan tersebut.

“Mengabulkan sebagian permohonan dari pemohon. Meminta kepada termohon untuk menerima dan memverifikasi berkas syarat calon paling lama 3 hari sejak putusan ini dikeluarkan,” tukas Umboh didampingi Pimpinan Bawaslu Donny Rumagit dan Erwin Sumampouw.

Selain itu KPU Minahasa diminta untuk memperbaiki mengenai keputusan tentang Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa.

Rendy Suawa selaku Komisioner KPU Minahasa Divisi Hukum menyatakan jika pihaknya menghormati dan siap menindaklanjuti putusan tersebut. Namun dalam menindaklanjutinya dikatakan Suawa bahwa pihaknya tentu tidak akan melanggar Peraturan KPU (PKPU).

Ketua Partai Berkarya Minahasa Erol Mingkid mengatakan jika pihaknya merasa bersyukur atas putusan tersebut.
Sekedar diketahui, sengketa antara KPU dan Partai Berkarya Minahasa terkait tidak masuknya Brenli Sepang sebagai Bakal Caleg DPRD Kabupaten dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 dalam DCS setelah sebelumnya dilakukan verifikasi berkas syarat calon.

Penulis: Marcelino

Komentar