oleh

Sompie Ingatkan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan Jangan Dianaktirikan

-Minut & Bitung-91 views

Denny Sompie SE

METRO, Airmadidi – Di tengah pembahasan KUA-PPAS APBD 2019, anggota DPRD Minahasa Utara Denny Sompie SE mengingatkan agar masyarakat pesisir dan kepulauan di Kecamatan Likupang Timur, Likupang Barat dan Wori jangan dianaktirikan.

Menurutnya banyak kondisi warga kepulauan baik bidang pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana yang perlu dibangun Pemkab. Apalagi warga kepulauan dan pesisir sudah cukup lama berada dalam kondisi seperti ini.

Menurut Sompie adanya kunjungan Bupati Minut beberapa waktu lalu tentunya harus membawa dampak terhadap pembangunan di kepulauan. Bahkan Bupati dan rombongan dinas terkait telah menyaksikan langsung kondisi di sana dari dekat. Sompie mencontohkan beberapa aspirasi yang diserap dari warga pesisir pantai dan kepulauan.

“Contohnya kondisi Sekolah Dasar di Desa Wawunian Kecamatan Likupang Barat. Untuk ke sekolah para siswa harus menempuh perjalanan dengan perahu sekira 30 menit, jika kondisi cuaca buruk dan laut berombak maka mereka harus jalan kaki sekira 2,5 Km. Sebenarnya di desa ini dapat dibangun sekolah kelas jauh. Untuk lahan sudah disediakan oleh Pemerintah desa,” paparnya.

Lanjutnya di Pulau Talise warga juga merindukan pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan Desa Talise, Aerbanua, Tambun dan Wawunian.

“Pembangunan jalan lingkar ini tentunya bisa dilaksanakan apabila pemerintah Kabupaten Minut serius memperhatikan kondisi warga Pulau Talis. Kenapa di Kahuku pihak perusahan bisa membangun jalan sementara pemerintah tidak bisa,” tandas Sompie.

Menurutnya Asisten II Allan Minglid beberapa waktu lalu menyatakan biayanya sangat besar, terutama untuk ongkos transportasi alat berat yang harus menyeberangi laut. Apalagi Pulau Talise tidak memiliki dermaga untuk menurunkan alat berat.

Pernyataan ini sangat disayangkan oleh Sompie. Menurut Sompie perlu adanya keseriusan dari Pemkab, berapapun biayanya.

“Semuanya bisa dianggarkan, tinggal tergantung bagaimana keseriusan pemkab,” ujarnya.

Komentar