oleh

Tiga Atlet Sulut Berlaga di Asian Paragames 2018

“Perenang NPC Sulut, Tangkilisan Steven Sualang berpeluang meraih medali di Asian Paragames 2018 di Jakarta

TIGA atlet National Paralimpic Commite (NPC) Sulawesi Utara (Sulut) akan berlaga pada ajang Asian Paragames 2018 di Jakarta, 06-13 Oktober 2018. Informasi dari Ketua Umum NPC Sulut, Billy Makal, tiga atlet yang akan memperkuat Tim Nasional pada Asian Paragames masing-masing Tangkilisan Steven Sualang di cabor renang, Susan Unggu, atletik dan Audi Ngangi di cabor tenis meja.

Menurut Makal, tiga atlet difabel asal Sulut tersebut sejak setahun silam telah menjalani program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Solo, Jawa Tengah. Bahkan Steven Sualang telah menjalani program try-out di Berlin Jerman, pada awal tahun 2018 lalu.

Soal peluanag, menurut Makal, memang cukup berat. Tapi, khusus untuk nomor atletik, Susan Unggu, yang sempat menyumbangkan medali emas bagi Sulut di Peparnas Bandung, 2016 lalu bisa bersaing bahkan memiliki kesempatan meraih medali. “Kalau medali mungkin cukup berpeluang,” katanya.

Sementara peluang Steven Sualang, yang sempat berjaya saat merebut tiga medali emas bagi Sulut di Peparnas, menurut Makal cukup berat. “Steven  harus bersaing dengan atlet-atlet renang dari China dan Jepang bahkan Thailand. Peluang memang ada tapi harus kerja keras,” tuturnya.

Soal hasil capaian di Tes Iven Paragames di Jakarta beberapa lalu, Makal mengakui bahwa belum menjadi ukuran. Sebab, banyak atlet dari peserta Paragames yang belum ikut berpartisipasi pada tes iven. “Kalau cabor renang memang cukup  terukur, jadi hitungan di atas kertas sudah ada tentang siapa calon juara,” lanjutnya.

Kendati berat, Makal, yang juga mantan atlet angkat berat NPC cukup optimis tiga atlet NPC Sulut bisa berprestasi dan meraih medali emas di Asian Paragames. “Kami berharap dari tiga atlet Sulut yang mewakili Indonesia semuanya bisa meraih medali,” tukasnya.

Penulis : Denny Andries

Komentar