oleh

Tamuntuan, Tinungki dan Watania Berpeluang Jabat Pj Bupati Mitra

-Minsel & Mitra-63 views

Tiga Kandidat yang dijagokan jadi Penjabat Bupati Mitra

METRO, Ratahan – Tinggal menghitung hari, tampuk kepemimpinan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan ditinggalkan untuk sementara oleh James Sumendap SH karena masa jabatannya sebagai Bupati periode 2013-2018 akan berakhir 23 September 2018. Sehingga dipastikan akan adanya penunjukkan pejabat bupati guna mengisi kekosongan sampai pelantikan bupati dan wakil bupati Mitra periode 2018-2023 yang terpilih lewat Pilkada, James Sumendap SH – Drs Jesaya Joke Legi yang rencananya akan dilangsungkan pada Bulan Desember 2018.
Terkait hal tersebut, sejumlah nama disebut-sebut berpeluang ditunjuk sebagai penjabat Bupati Mitra, di antaranya dr Riny Tamuntuan mantan Kadis Kesehatan Mitra yang kini menjabat Kepala Dinas Sosial Sulut. Nama lainnya yakni Ir Adrianus Tinungki mantan Sekda Mitra yang saat ini sementara dipercayakan sebagai Kadis Pertambangan Sulut, serta Linda Watania, birokrat asal Mitra yang kini menjabat Kadis Perhubungan Sulut.
“Tiga nama ini mengemuka, karena dianggap kenal dekat dan tahu banyak soal daerah Minahasa Tenggara,” ujar sejumlah sumber sembari meminta nama mereka disimpan.
Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Mitra Novry Raco SSos yang dimintai tanggapannya mengakui soal adanya penunjukkan penjabat bupati dalam rangka mengisi kekosongan.
“Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih akan dilakukan pada Desember 2018. Makanya akan ada pengisian pejabat,” tukas Raco.
Soal siapa yang nantinya ditunjuk sebagai penjabat, Raco menyebutkan jika hal tersebut sepenuhnya kewenangan Gubernur Sulut.
“Yang pasti pelantikan penjabat akan dilaksanakan pada 24 September 2018 atau sehari sesudah masa jabatan Pak James Sumendap sebagai Bupati berakhir,” jelas Raco.

Penulis: Ryan Sandag

Komentar