oleh

Dikritik Felly, Liputo: Pemerintah Wajib Bangun Akses ke Pariwisata

-Politik, Sulut-38 views

Amir Liputo dan Felly Runtuwene

METRO, Manado- Legislator Felly Runtuwene mengkritik anggaran-anggaran yang dialokasikan Pemerintah Propinsi (Pemprop) untuk pembangunan jalan menuju sejumlah objek-objek pariwisata di Sulut.

Di antaranya untuk akses jalan ke bukit Tampusu dan bukit Tetempangan senilai Rp1.750.000.000 di APBD induk, menjadi Rp4 miliar dalam APBD Perubahan 2018.

“Masih ada objek-objek wisata lain yang akses jalannya perlu diperhatikan oleh pemerintah, contohnya jalan ke pantai Pal di Minahasa Utara,” ujar anggota Komisi III bidang Pembangunan iti kepada wartawan, Selasa (18/9/2018).

Terkait hal ini, Wakil ketua Komisi III Amir Liputo yang dimintai tanggapannya menjelaskan bahwa pembangunan akses jalan ke objek-objek wisata memang menjadi kewajiban pemerintah.

“Memang ada objek-objek wisata yang dikelola swasta, tapi adalah kewajiban pemerintah untuk membangun akses jalan ke lokasi wisata,” terang dia, Rabu (19/9/2018).

Ia mengatakan, pemerintah sekarang ini gembar-gembor soal wisata Sulut yang luar biasa indah. 

“Ini bukan soal siapa pengusaha pemilik objek wisata, tapi ini soal dukungan pemerintah bagi wisata Sulut agar berkembang. Tapi kalau akses ke objek wisata rusak atau tidak ada, apa yang akan kita jual? Hal ini yang wajib dilakukan pemerintah,” tegas dia.

Soal pantai Pal di Minahasa Utara yang akses jalannya rusak, Liputo mengatakan anggarannya sudah ada dan sementara dalam pembangunan dan perbaikan.

“Pemprop sangat concern dengan objek-objek wisata Sulut. Termasuk pantai Pal yang aksesnya sementara diperbaiki,” jawab politisi PKS itu. 

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde

Komentar