oleh

Oknum Bendahara Dinas PPPA Diduga Digelapkan Dana Dispar

-Minut & Bitung-56 views

Bupati Minut Vonnie A Panambunan

METRO, Airmadidi – Dana sebesar Rp 117 juta dari Dinas Pariwisata (Dispar) Mianahasa Utara diduga justru masuk ke Bendahara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Minut.


Dana Rp 117 juta itu terdiri dari Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) pegawai Dispar dan hadiah festival Klabat.
Hal ini terungkap bermula dari keluhan belum dicairkannya TKD pegawai Dispar Oktober-November 2018 lalu. Setelah ditelusuri, ternyata dana tersebut sudah dicairkan. Uniknya dana itu justru dicaikan ke rekening bendahara Dinas PPPA bukan ke bendahara Dispar. Tidak hanya TKD, bahkan uang hadiah untuk pemenang lomba Festival Klabat 2018, juga masuk ke rekening yang sama.


Saat dikonfirmasi Kadis Dispar Minut dr Sandra Rotty mengakui dirinya tidak pernah menandatangani pencairan TKD dan uang hadiah ke rekening bendahara Dinas PPPA. “Tidak pernah sama sekali saya tandatangan pencairan TKD dan hadiah,” ujar Rotty.


Kepala Dinas PPPA Minut Ir Jovita Supit ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut Supit oknum bendahara sudah mengakui perbuatannya yang memalsukan tanda tangan Kadispar dan bendahara Dispar Minut.
“Awalnya bendahara berjanji akan mengembalikan uang itu. Tapi sekarang dia sudah tidak masuk kantor. Jadi, masalah ini sudah diproses di Inspektorat,” aku Supit.
Kepala Inspektorat Minut Umbase Mayuntu kepada Metro Rabu (30/01/2019) menakui bahwa hal tersebut merupakan kelalaian Bank Sulut karena mencairkan ke rekening yang salah. “Sementara kita cari solusinya ke dalam. Ini kelalaian Bank Sulut juga karena salah bayar. Harusnya diverifikasi dulu baru dibayarkan,” ujar Mayuntu.


Sementara itu Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan kemarin dengan tegas menyatakan bahwa hal ini harus diselesaikan secara hukum. “Ini harus dilaporkan ke pihak berwajib, karena ini kan sudah penipuan,” tegas Bupati.(RAR)

Komentar