Sekda Kuhu Juara Belah Duren

Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu ikut lomba membelah duren.

METRO, Airmadidi – Sekda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Ir Jemmy Hengki Kuhu MA ternyata tak hanya ahli dalam birokrasi. Pria birokrat ini ternyata jagoan membelah duren.


Bahkan saat lomba belah duren atau buah durian dalam Festival Buah dan Budaya yang diselenggarakan Pemerintah Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan Minut yang dilaksanakan Sabtu (23/02/2019), Kuhu menjuarainya.


Kegiatan yang dilaksanakan hingga Senin (25/02/209) di Desa Batu tepatnya di wilayah sentra pengembangan Agro Wisata Buah Desa Batu dan Werot menurut rencana akan ditutup dengan peresmian bangunan Agro Wisata Buah Terpadu yang dibiayai dengan anggaran dari Kementrian Pedesaan dan Daerah Tertinggal (PDT) RI sebesar Rp 1,4 miliar.

Baca Juga :  ANR Sudah Teruji dan Berpengalaman


Dalam lomba ini para tamu dipersilahkan memilih durian masing-masing kemudian membelahnya. Sekda dengan teliti memilih durian sebagai target dan dengan cekatan membelahnya. Alhasil Kuhu divonis sebagai juara belah duren.


Acara ini juga dihadiri oleh Kasub Direktorat Pembangunan Sumber Daya Alam Direktorat Jendral Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementrian PDT Sri Estiningsih SE. Estiningsih berterima kasih kepada Pemkab Minut terutama Pemdes Batu karena menunjukan keseriusan dalam membangun Kawasan Agro Wisata Buah Terpadu yang adalah bantuan stimulant dari Kementrian PDT.

Baca Juga :  KPK Turun ke Pemkab Minut


“Pembangunan kawasan Agro Wisata Buah Terpadu ini terus kami monitor, meskipun sempat terjadi longsor pada akhir pembangunan tapi bisa diselesaikan pada waktunya. Ini adalah bantuan luar biasa yang dikelola oleh BUMDESMas. Pembangunan kawasan ini sangat kami apresiasi,” tutur Estiningsih.


Sementara itu, Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) diwakili oleh Sekda Minut Ir Jemmy Hengki Kuhu MA usai membuka festival itu mengatakan berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemendes yang sudah menggelontorkan anggaran untuk pembangunan kawasan ini.

Baca Juga :  Dugaan Kampanye Terselubung, Bawaslu Panggil Sejumlah Pejabat Pemkab


“Desa Batu dan Werot ini merupakan penghasil macam-macam buah sehingga sangat tepat untuk membangun fasilitas kawasan Agro Wisata Buah Terpadu ini. saya berharap kawasan ini dapat dijaga kesinambungannya hingga bisa bermanfaat mengangkat perekonomian rakyat. Apalagi dipadu dengan pentas budaya sehingga kearifan local dapat terpelihara. Kedepan kegiatan ini bukan saja dilaksanakan di Desa Batu, tetapi di tingkat kabupaten karena desa Batu merupakan satu-satunya di Minut yang memiliki Kawasan Agro Wisata Buah,” ungkap Kuhu.(RAR)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru