oleh

Pemprov Minta Minut Bentuk Kecamatan Kepulauan

-Minut & Bitung-36 views

Rakor program pengelolaan potensi kawasan perbatasan.

METRO, Airmadidi – Pemprov Sulut melalui Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) mengingatkan dan meminta Pemkab Minahasa Utara untuk memprioritaskan pulau-pulau terluar.


Hal ini diungkapkan dalam rapat koordinasi dan konsultasi pelaksanaan program dan kegiatan pengelolaan potensi kawasan perbatasan, Selasa (05/03/2019) di aula Bapelitbang.
Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu MA mewakili Bupati Vonnie Panambunan saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan program pengelolaan potensi kawasan perbatasan seperti pulau terluar yang di miliki Minut sesuai dengan nawacita presiden RI Joko Widodo.

“Di Minut wilayah pesisir banyak potensi, seperti pulau Bangka, Pulau Gangga. Kalau dulu orang tanya paka-paka ombak siapa punya? Kita akan rumuskan Minut punya pola pengembangan. Apalagi posisi Minut dekat dengan kota Manado dan Bitung,” tutur Sekda.


Sementara itu Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Djemmy Gagola mengungkapkan maksud forum ini untuk sosialisasi. “Kami perlu bantuan pak sekda untuk sosialisasi Minut sebagai kawasan prioritas perbatasan. Kami harap Minut akab ada Badan Pengelola Perbatasan walaupun baru tipe C. Fokus kita Pulau Mantehage,” ungkap Gagola.


Lebih Lanjut Kaban berharap ada spesial treatment di Minut supaya pulau-pulau terluar menjadi satu kecamatan. Seperti Pulau Mantehage dan Pulau Nain jadi satu kecamatan, supaya pulau-pulau lainnya juga dapat efek dari Mantehage. “Kami harap pulau terluar full APBN. kami harap melalui musrenbang nanti direalisasikan memprioritaskan pulau terluar,” pungkasnya.


Hadir dalan rakor itu Asisten I Drs Rivino Dondokambey, Kabag Pemerintahan Alpret Pusunglaa, MAP dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.(RAR)

Komentar