oleh

Waktu Coblos dan Hitung Hasil Jadi Catatan KPU Mitra

-Minsel & Mitra-45 views

Simulasi Pungut Hitung Pemilu Sukses.

METRO, Ratahan – Sebanyak 184 pemilih di Kalatin, Ratahan, berpartisipasi pada simulasi pungut hitung Pemilihan Umum atau (Pemilu) 2019 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Minahasa Tenggara (KPU Mitra) Sabtu (23/03/2019).


Sejumlah hal jadi catatan KPU Mitra untuk dievaluasi guna mematangkan pelaksanaan pungut hitung Pemilu yang sesungguhnya pada 17 April 2019. “Persoalan waktu masing-masing pemilih berada di bilik suara dan penghitungan hasil pemilihan, jadi catatan kami untuk dievaluasi,” ujar Ketua KPU Mitra, Wolter Dotulong SH.


Dijelaskannya, dalam simulasi tersebut, waktu yang digunakan masing-masing wajib pilih di bilik suara bervariasi dari tiga sampai delapan menit. Sedangkan penghitungan surat suara untuk 184 pemilih memakan waktu sekira delapan jam. “Ini nanti akan kita maksimalkan dengan memperbanyak sosialisasi. Kehadiran lebih awal wajib pilih di TPS juga akan berpengaruh pada maksimalnya pemungutan suara. Untuk efisiensi waktu penghitungan suara juga akan kami pertajam dalam Bimtek KPPS,” jelas Dotulong.


Meski begitu, Dotulong mengaku optimisi jika waktu yang disiapkan untuk pelaksanaan pungut hitung cukup, karena rata-rata TPS hanya 300 wajib pilih. Sedangkan soal partisipasi pemilih, Dotulong juga meyakini akan mengalami peningkatan dari ajang pemilihan sebelumnya.

“Warga Kalatin saja yang masih berstatus dusun (jaga) jauh, sangat antusias untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu, apalagi warga lainnya. Kami optimisi, dengan memperbanyak sosialisasi berupa ajakan dan penjelesan tentang pentingnya menggunakan hak pilih, akan mendorong para wajib pilih menggunakan hak pilihnya pada hari H Pemilu, 17 April 2019 mendatang,” pungkas Dotulong.(ian)

Komentar