oleh

DP3A Minahasa Siapkan Psikolog Dampingi Balita Korban Cabul

Ireine Rumagit

 

METRO, Tondano – Psikolog akan memdapingi Mekar (bukan nama sebenarnya) yang merupakan Balita korban cabul lelaki LK alias Lod (41) warga salah satu desa di Kecamatan Kakas. Pemdampingan psikolog bagi korban yang masih berusia 4 tahun akan disiapkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Minahasa.
“Kami akan melibatkan psikolog dalam pendampingan bagi korban,” tukas Ireine Rumagit selaku Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak (DP3A) Minahasa.
Pendampingan pun akan dilakukan sejak proses di kepolisian hingga di pengadilan. Karena untuk penanganan hukum adalah kewenangan dari kepolisian maupun kejaksaan.
Bukan saja itu, melainkan psikolog akan mendampingi kepada korban secara terus menurus. Karena jika tak mendampingi korban secara terus menerus, maka bisa berimbas tak baik baginya.
“Bisa saja kedepan akan menjadi ketagihan seks di usia belum dewasa jika tak didampingi,” jelasnya, Kamis (9/5/2019).
Rumagit pun menghimbau kepada orang tua untuk bisa menjaga anak dengan sepenuh waktu. Dan bisa memberikan pembelajaran soal pendidikan seks sejak dini terhadap anak.
“Pendidikan seks sejak dini sangat penting bagi anak,” ujarnya.
Termasuk pola pembinaan di rumah harus dilakukan dengan baik. Seperti halnya dengan tidak pernah melakukan pengancaman terhadap anak.(cel)

Komentar