oleh

Destinasi Pariwisata Baru, Danau Seledan Terus Dikembangkan

Danau Seledan.

 

 

 

 

METRO, Ratahan – Sempat dikepung eceng gondok, Danau Seledan di Kecamatan Tombatu Utara, perlahan dibenahi. Pemandangan apik pun kini terlihat, bahkan mulai dijadikan spot foto baru.

Sejatinya, danau yang terletak di Kawasan Pemukiman Warga Tombatu Dua ini, merupakan bagian dari daerah aliran sungai Londolimbale yang berhulu di Danau Bulilin. “Memang dulunya danau ini, tumbuh eceng gondok. Ada upaya pembersihan yang dilakukan warga sampai akhirnya dibersihkan menyeluruh oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara,” ungkap Camat Tombatu Utara, Arnold Mokosolang.

Dikatakan Arnold, pembersihan eceng gondok bukan sekedar menjaga keberadaan danau tersebut. Lebih dari itu, ada rencana ke depan yakni menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi pariwisata. “Bukan hal mudah untuk mewujudkan hal tersebut, tapi perlahan mulai dilakukan pembenahan, salah satunya dengan membuat pagar keliling beserta trotoar dan taman yang angggarannya bersumber dari dana desa. Selain itu, lewat dana Pemkab Mitra kawasan ini akan dipasang lampu jalan, termasuk melengkapinya dengan fasilitas rekreasi yang bisa menarik minat warga berkunjung,” tukas Arnold.

Lanjut dikatakan Arnold, selain spot wisata, kawasan ini juga akan dijadikan kawasan budidaya perikanan yang telah diawali dengan pengembangan budidaya ikan tawes. “Untuk pengelolaannya sepenuhnya akan diserahkan ke pemerintah desa, sehingga diharapkan kawasan ini bukan hanya menghadirkan sarana hiburan masyarakat, tapi juga bisa jadi sumber pendapatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga,” tandas Arnold sembari menambahkan, penanganan sisa eceng gondok terus dilakukan setiap pekan oleh warga sekitar.(ian)

Komentar