oleh

Gerindra, PAN, PKS dan PKB Gabung Satu Fraksi, PSI Belum Ada Sikap

METRO, Manado– Karena perolehan kursi tak memenuhi, empat partai politik (Parpol), yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergabung membentuk satu fraksi di DPRD Sulawesi Utara.

Legislator Partai Gerindra Wenny Lumentut ditunjuk sebagai ketua fraksi, legislator PKS Amir Liputo sebagai sekretaris, dan legislator PAN Ayub Ali Albugis ditunjuk bendahara fraksi.

Lumentut dan Liputo yang ditanyai wartawan usai gladi resik pelantikan anggota DPRD Sulut periode 2019-2024, Jumat (6/9/2019) mengatakan fraksi yang mereka bentuk diberi nama fraksi Nyiur Melambai.

“Kami adalah gabungan dari partai-partai yang tidak cukup untuk membentuk fraksi sendiri,” ungkap Liputo seraya menambahkan bahwa fraksinya akan menggelar rapat usai gladi resik.

Sementara Lumentut mengatakan fraksi yang dipimpinnya nanti akan bekerja maksimal dalam bekerja sebagai wakil rakyat, dan menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan budgenting yang melekat.

“Kami mohon doa dan dukungan untuk bekerja semaksimal mungkin dan mengabdi kepada rakyat lewat fraksi Nyiur Melambai ini,” tandas dia.

Sementara anggota DPRD Sulawesi terpilih periode 2019-2024 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Melky Pangemanan mengaku belum menentukan ke fraksi mana ia akan bergabung.

“Saya belum memutuskan. Masih akan berkonsultasi dulu,” jawab dia.

Soal kabar ia akan bergabung dengan Gerindra, PKS, PAN dan PKB pun ditepisnya.

“Kan mereka akan rapat. Kalau saya tidak di situ berarti sudah jelas kan,” singkat Melki. (YSL)