oleh

Gojek-Perum Bulog Sulutgo Luncurkan Pasar Rakyat Khusus Mitra

METRO, Manado- Gojek terus berupaya untuk mendukung kesejahteraan mitranya secara berkesinambungan. Kali ini, Gojek bekerja sama dengan Perusahaan Umum Bulog melalui penandatanganan nota kesepahaman pasar rakyat khusus mitra Gojek.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo), Eko Hari Kuncahyo dan District Operasional Manager Gojek Manado, Ronald Simandjorang, di kantor Perum Bulog Manado, Selasa (25/02).

Melalui program ini, mitra Gojek mendapatkan kebutuhan pokok berupa beras dan sembako berkualitas dengan harga yang terjangkau berbeda dari harga di pasar pada umumnya. Selain beras, sembako yang bisa dibeli dengan harga terjangkau seperti gula, minyak goreng, tepung terigu dan juga daging. Program ini diperuntukan bagi semua mitra Gojek, baik driver dan mitra UMKM GoFood.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia, Mulawarman mengungkapkan, mitra Gojek merupakan bagian penting dalam pertumbuhan ekosistem Gojek, dan kesejahteraan mitra merupakan fokus perusahaan. Kerja sama Gojek dan Perum Bulog dalam meringankan beban pengeluaran rutin mitra dalam membeli sembako merupakan jawaban dari aspirasi para mitra yang menyatakan bahwa sembako adalah salah satu pengeluaran utamanya.

“Melalui pasar rakyat khusus mitra ini, mitra Gojek yang biasanya harus mengeluarkan biaya cukup besar kini bisa sedikit diringankan bebannya dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Mulawarman.

Senada dengan itu, Ronald Simanjorang mengatakan, mitra ataupun merchant bisa melakukan pembelian secara langsung di kantor Perum Bulog atau hadir di pasar rakyat yang digelar secara berkala di kantor Gojek Manado, dengan harga diskon khusus di bawah harga pasar. Untuk metode pembayaran dapat dilakukan melalui Gopay. Tidak ada minimum pembelian tetapi mengacu kepada ketersediaan logistik yang disiapkan oleh Bulog sesuai dengan permintaan dari mitra Gojek.

“Selain lebih terjangkau dari segi harga, ragam produk kebutuhan pokok di paket sembako juga telah dipilih sedemikian rupa agar terjamin kualitasnya,” kata Ronald.

Kepala Perum Bulog Divre Sulutgo, Eko Hari Kuncahyo, berharap kedepannya semakin banyak mitra Gojek yang terjangkau oleh program ini, bukan hanya karena berbagai bentuk keringanan yang ditawarkan, tetapi juga karena kualitas produk dan kepastian harga yang telah ditetapkan.

“Berkolaborasi dengan perusahaan teknologi yang memiliki misi sosial seperti Gojek merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami,” kata Eko.

Adapun Pasar Rakyat Khusus Mitra Gojek merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang dilakukan oleh Gojek Manado untuk lingkup Sulawesi Utara (Manado, Bitung dan Tomohon) – Gorontalo.

Pasar Rakyat Khusus Mitra Gojek ini akan diadakan empat kali dalam sebulan selama satu tahun penuh. Program Gojek Swadaya telah diluncurkan oleh Gojek sejak tahun 2016 dan telah diikuti oleh lebih dari satu juta penerima manfaat yaitu mitra Gojek dan keluarga se-Nusantara.

Melalui program tersebut, Gojek bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki kesamaan visi untuk meringankan pengeluaran, memberikan akses berbagai program asuransi terjangkau, serta membantu perencanaan keuangan mitra dan keluarga.

“Gojek Swadaya merupakan cara Gojek untuk mendukung kesejahteraan mitra secara berkesinambungan. Harapan kami program Pasar Rakyat Khusus Mitra Gojek tersebut dapat sukses berjalan di area Sulawesi Utara sebelum kemudian diluncurkan di kota-kota lainnya. Yang pasti, Gojek akan terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan mitra dan keluarga,” tutup Mulawarman.(71)