Tim PDKB Jaga Pasokan Listrik ke Masyarakat di Tengah Pandemi Corona

Ekonomi213 views

METRO, Manado- Di tengah pandemi covid-19, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado terus all out melakukan perbaikan lewat Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), yang juga disebut tim elit PLN.

“Mereka mempunyai kemampuan ekstra dalam menangani setiap gangguan yang terjadi di lingkup kerja UP3 Manado,” ujar Manager PLN UP3 Manado, Andre Lengkong.

Menurutnya, tim ini bahkan kerap mempertaruhkan nyawa karena pekerjaan perbaikan gangguan dilakukan dalam keadaan listrik tanpa padam, termasuk melakukan pekerjaan di lokasi Jalan Sea Malalayang yaitu pekerjaan pembersihan tanaman merambat di jaringan dan pemasangan fuse cut out.

“Terpantau sampai dengan hari ini rata-rata daya mampu 1 minggu ini adalah 453,5 MW, rata-rata beban puncak 390,2 MW,” ungkap Andre.

Dijelaskannya, pekerjaan perbaikan gangguan tanpa padam merupakan hal yang biasa dilakukan, demi menjamin pasokan listrik ke masyarakat agar tidak terganggu. Andre menyebut, tim PDKB melakukan pekerjaan dengan dilengkapi kemampuan dan peralatan yang disiapkan agar mampu melakukan pekerjaan tanpa harus padam dengan selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

“Dengan menjalankan social distancing, work from home, study from home kami tetap siaga bertugas menjaga pasokan listrik 24 jam bagi masyarakat,” kata Andre.

Sebagai informasi, untuk memudahkan layanan informasi bagi masyarakat yang ada di rumah, hanya dengan mendownload aplikasi PLN mobile dari playstore/appstore, masyarakat langsung mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini, dan telepon contact center PLN 123 dengan voice over internet protocol menggunakan pulsa data tanpa pulsa telepon.(71)