oleh

Edukasi Safety Riding, DAW Sosialisasikan Pentingnya Perlengkapan Berkendara

METRO, Manado- PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) secara rutin dan kontinyu memberikan edukasi keselamatan berkendara (safety riding) baik kepada pelajar maupun pihak swasta. DAW memberikan edukasi safety riding kepada pelajar SMAN 9 Manado via daring, Jumat (18/9) pekan lalu.

Instruktur Safety Riding Honda PT DAW, Ronald Manueke mengungkapkan, berkendara menggunakan sepeda motor masih menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk berpindah tempat.

“Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara. Selain memastikan kondisi tubuh sehat secara jasmani dan rohani, lakukan juga pemeriksaan kendaraan secara berkala, serta pemanasan sebelum berkendara,” ujar Ronald.

Menurutnya, naik motor tanpa perlengkapan berkendara tidak disarankan. Perlengkapan naik motor harus dipakai agar berkendara tetap aman dan nyaman. “Tubuh kita butuh perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit yang mengintai,” katanya.

Dijelaskan Ronald, perlengkapan berkendara yang perlu menjadi perhatian dan menjadi peranti wajib, seperti helm untuk melindungi kepala dan otak kita dari dampak negatif benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara, jaket untuk berfungsi melindungi tubuh dari kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan langsung cuaca atau polusi.

”Usahakan helm tetap kering, karena bila kita menggunakan helm yang basah dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kita. Jaket yang baik pun ada kriterianya, yakni berlengan panjang, berwarna cerah yang membuat pengendara mudah teridentifikasi oleh pengendara lain,” ungkapnya.

Selain helm dan jaket, menurut Ronald perlengkapan berkendara lain yaitu sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Hal lain yang juga menjadi poin penting dalam berkendara, menurut Ronald adalah selalu mengedepankan etika dan respek dengan pengendara lain. “Misalnya, tidak melanggar peraturan lalu lintas dan melawan arus yang membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tandas Ronald.(71)