oleh

Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Tomohon Segera Dimulai

METRO, Tomohon- Penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Tomohon, akan dimulai 16 Januari 2021 mendatang. Kota Tomohon sendiri kebagian jatah 1.539 tenaga kesehatan yang bakal disuntikan vaksin tersebut.

“Sesuai koordinasi dengan Provinsi, penyuntikan vaksin bagi nakes di Tomohon direncanakan dimulai pada 16 Januari mendatang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan, Rully Tumanduk.

Menurutnya, rencana penyuntikan tersebut, tergantung dengan kesiapan masing-masing daerah, namun untuk Tomohon sendiri pastinya siap. “Memang disesuaikan dengan kesiapan daerah. Tapi kami sendiri siap jika memang dimulai pada 16 Januari mendatang,” ungkap Rully.

Dijelaskan Rully, untuk nakes yang bakal divaksin akan melalui sejumlah syarat. Pertama mereka sudah mendapat pemeberitahuan melalui SMS. Kemudian akan diwawacarai atau dilakukan screening terlebih dahulu.

“Akan dilakukan screening atau wawancara untuk mengetahui apakah mereka tak mempunyai penyakit penyerta atau tidak. Karena bisa saja ada yang mempunyai penyakit penyerta sehingga tidak bisa divaksin,” jelasnya menambahkan terdapat 16 pertanyaan bagi nakes yang akan divaksin.

“Total ada 16 pertanyaan. Itu namanya screaning PTM untuk vaksinasi covid-19,” tambah Rully.

Sebelumnya Asisten Bidang Perekonomian Enos Pontororing mengatakan, untuk Tomohon sendir vaksin baru akan dilakukan terhadap para tenaga kesehatan.

Sedangkan kepada warga belum akan dilakukan. “Sesuai rencana untuk di Tomohon baru tenaga kesehatan yang akan divaksin. Karena masih diprioritas pejabat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” jelasnya.(05/tm)

Komentar