oleh

Bupati VAP Tak Bisa Divaksin Sinovac

dr Alain Beyah.

 

 

METRO, Airmadidi – Saat ini Indonesia sementara mempersiapkan vaksinasi Covid-19. Setelah, Rabu (13/01/2021) hari ini, Presiden Ir Joko Widodo bakal menjadi orang pertama yang menerima vaksin Sinovac, kepala daerah juga dijadwalkan menerima vaksinasi ini. Namun Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan tidak masuk dalam daftar penerima vaksin ini. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Minut, dr Alain Beyah, Selasa (12/01/2021) kemarin mengakui hal ini. “Tidak bisa, karena terkendala umur,” ungkap Kadis. Lanjutnya untuk Forkopimda dan pejabat Pemkab Minut saat ini sementara dalam tahapan screening untuk menerima vaksinasi. 

Terkait persiapan pemberian vaksin kepada 1.568 tenaga kesehatan, Selasa kemarin Dinas Kesehatan Minut telah menggelar simulasi di PKM Kolongan. “Pesertanya adalah penerima undangan vaksinasi, ada 4 orang. Kami juga mempersiapkan 1 meja Pet P Care ada 3 orang. Input data 1, validasi 1 dan pengukur suhu tubuh ada 1 orang. Untuk meja screening ada 2 yakni untuk dokter dan perawat. Selanjutnya pada meja 3 pemberian vaksinasi ada 2 orang vaksinator. Terakhir ada petugas cetak kartu dan obsevator jika ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan pemberian penyuluhan dan observasi kejadian ikutan pasca imunisasi,” jelas Beyah.

Menurutnya dalam simulasi ini, terdapat 4 orang pasien uji coba yang layak vaksin. “Ada 2 pasien yang ditunda, sebab dari hasil screening karena belum layak menerima vaksinasi,” ungkapnya.

Sementara itu dari data Dinas Kesehatan, hingga kemarin, terjadi penambahan 15 pasien Covid-19 yang sembuh dan tiga pasien positif. “Total pasien sembuh berjumlah 865 orang dan pasien positif totalnya 933 orang. Untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri satu orang dan 36 lainnya dirawat di Rumah sakit,” papar Kadis. Ditambahkannya Minut kembali masuk dalam zona merah, setelah sebelumnya sempat berada di zona orange.(RAR)

 

Komentar