oleh

Audit Interim BPK, Bupati Sitaro: Pimpinan OPD Harus Proaktif

METRO, Sitaro- Terhitung mulai tanggal 20 Januari hingga 28 Februari mendatang, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara akan menggelar audit interim atau pemeriksaan pendahuluan terhadap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Terkait itu, Bupati Evangelian Sasingen meminta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sitaro untuk bersikap proaktif guna memperlancar pelaksanaan pemeriksaan. “Segala sesuatu yang dibutuhkan oleh auditor agar secepatnya disiapkan supaya proses pemeriksaan ini boleh berjalan lancar,” kata Sasingen, Kamis (22/1) lalu.

Penegasan serupa juga ditujukan bagi pejabat pengelola keuangan maupun pengelola barang di masing-masing OPD. Di mana berbicara pemeriksaan, semua unsur yang ada dalam satu unit kerja mempunyai keterkaitan. “Intinya semua harus siap. Bukan hanya dokumen, tapi setiap pejabat maupun perangkat terkait juga harus siap khususnya ketika akan dimintai penjelasan atau klarifikasi dari auditor,” lanjutnya.

Sebelumnya dalam entry meeting dalam rangka audit interim yang berlangsung beberapa waktu lalu, pihak BPK Perwakilan Sulawesi Utara Beatriks Gustiawati meminta dukungan dan kerjasama dari jajaran pemerintah daerah guna kelancaran proses pemeriksaan yang akan digulir selama 40 hari kedepan.

“Seperti halnya mengenai permintaan dokumen sebagaimana surat yang telah kami sampaikan. Kami harapkan hari Jumat (hari ini) sudah bisa diperoleh,” kata Beatriks.

Sekretaris Daerah (Sekda) Herry Bogar menyatakan kesiapan pemerintah daerah dalam rangka pemeriksaan pendahuluan oleh BPK Perwakilan Sulawesi Utara. “Kami telah melakukan langkah-langkah persiapan dengan melaksanakan rapat koordinasi antara sekda dan seluruh kepala OPD se-Sitaro dalam rangka penyampaian maksud surat dari BPK untuk pelaksanaan pemeriksaan interim,” ujar Bogar.

Dia juga telah mengingatkan kepada seluruh pimpinan OPD menyangkut kegiatan penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yang rencananya akan dilangsungkan pada 5 Maret 2021 mendatang.

“Dalam hal ini kami telah menindaklanjuti dengan mempersiapkan segala dokumen-dokumen pelaksanaan APBD tahun 2020 lalu. Dan itu nantinya akan jadi bahan dari tim auditor untuk proses pemeriksaan di daerah ini,” kunci sekda.(86)

Komentar