oleh

Awasi Pembangunan di Desa

METRO, Boroko- Sejumlah program pembangunan di Desa baik yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dalam bentuk Dana Desa (Dandes) tahun 2021 sudah mulai pada proses pencairan. Untuk memastikan dan menjamin terlaksananya program pembangunan tersebut secara baik dan sesuai dengan harapan, maka peran aktif masyarakat dalam mengawasinya sangat penting.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena kepada sejumlah wartawan kemarin. “Pada dasarnya, masyarakat punya andil dan peran penting dalam setiap pelaksanaan program pemerintah, baik itu lewat APBD dan APBN khususnya Dandes di desa masing-masing. Karena, tujuan dari pembangunan tersebut manfaatnya masyarakatlah yang nanti akan menikmatinya,” ujar Wabup.

Dikatakannya, bahwa program yang saat ini sedang berlangusng di 106 desa yang ada di Kabupaten Bolmut, terutama yang dibiayai lewat Dana Desa, merupakan program dari hasil musyawarah di Desa masing-masing. Sehingga itu sangat penting keterlibatan masyarakat dalam mengawasi langsung seluruh kegiatan pembangunan di desa. “Apalagi saat ini dalam program padat karya yang sudah dilaksanakan oleh hampir seluruh desa di Bolmut, masyarakat tak hanya mengawasi, tapi turut terlibat aktif dalam proses pembangunannya,” katanya.

Selain itu lanjut Wabup, masyarakat juga turut menjaga aset-aset milik daerah terutama desa yang telah dibangun dalam program anggaran tahun-tahun sebelumnya.

“ Itu juga menjadi hal yang sangat penting untuk disampaikan. Aset-aset yang sudah ada, tolong agar dapat dijaga sehingga manfaat dan fungsinya masih bisa dirasakan dalam jangka panjang,” pungkasnya.(60)

Komentar