oleh

Petani Didorong Berwawasan Agribisnis

METRO, Boroko- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, Pemerintah Kanupaten (Pemkab) Bolaang Mogondow Utara (Bolmut) terus berupaya untuk mendorong para petani agar bisa berwawasan agribisnis.

Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan usaha tani terutama bagi pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengakses permodalan melalui pihak perbankan atau badan usaha lain.

“Poduktifitas dan profesionalisme petani untuk menumbuhkan wadah jejaring pemasaran produk hasil-hasil pertanian juga sangat diperlukan. Karena bidang pertanian merupakan sektor yang potensial dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Agar pembangunan pertanian di daerah ini terus meningkat. Untuk itu perlu adanya pengelolaan yang bersifat konstruktif, terpola, terpadu dan berkelanjutan,” ujar Bupati Drs Hi Depri Pontoh kepada sejumlah wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, sebagai wilayah agraris dengan struktur tanah yang subur, lanjut sektor pertanian merupakan salah satu unggulan daerah yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan sumber devisa serta modal bagi pembangunan daerah. Sehingga, diperlukan upaya konkrit agar pertanian mampu memberi kontrbusi positif bagi daerah dan masyarakat.

“Berdasarkan kondisi tersebut, para petani dan pelaku agribisnis bisa meningkatkan kemampuan, produktifitas serta profesionalisme hingga mampu membangun usaha tani yang mandiri, maju dan modern. Karena masyarakat tani yang handal, berkemampuan manajerial dan mampu menciptakan usaha tani kretif, sangat diharapkan oleh pemerintah daerah untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah kabupaten Bolmut,” tandasnya.(60)

Komentar