oleh

Pra Musrenbang Akomodir RKPD Tahun 2022

METRO, Boroko– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dr Hi Asripan Nani MSi, Rabu (17/02) kemarin membuka secara resmi Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bapelibang Bolmut merupakan salah satu proses rutin yang diamanatkan dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017. Dimana pada proses ini, usulan hasil Musrenbang desa akan divalidasi dan diselaraskan dengan program/kegiatan SKPD yang telah tercantum dalam renja SKPD tahun 2022.

“Musrenbang tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana untuk tahun ini kegiatan pra Mustenbang Kecamatan dipuskatkan di Bapelitbang kabupaten Bolmut. Hal ini merupakan wujud keseriusan pemerintah daerah untuk menghasilakan rumusan usulan masyarakat yang berkualitas dalam koridor implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD dalam proses perencanaan pembangunan daerah,” ungkap Sekda.

Menurutnya, algoritma aplikasi yang cukup rumit dalam SIPD dikhawatirkan akan mengganggu kualitas usulan masyarakat. Sehingga diperlukan pendampingan dalam entry data usulannya.

“Disisi lain, SKPD dalam mengakomodir usulan masyarakat agar selalu memperhatikan prioritas pembangunan daerah. Memprioritaskan usulan masyarakat yang betul-betul mampu menjawab permasalahan pembangunan yang ada di daerah,” ucap Sekda sembari berharap dalam kegiatan ini dapat menghasilkan keputusan yang terbaik dalam rangka memajukan pembangunan di Kabupaten Bolmut.(60)

Komentar