Bawa Sajam, Ariswandi Diamankan Petugas Satreskrim Polres Sitaro

Kriminal164 views

METRO, Sitaro- Perintah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas aksi premanisme terus diseriusi jajaran kepolisian di tingkat Polda maupun Polres di seluruh Indonesia.

Seperti yang dilakukan Polres Kepulauan Sitaro bersama polsek jajaran selang beberapa hari ini. Di mana pada Rabu (16/6), Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Kepulauan Sitaro berhasil menciduk AP alias Ariswandi (20), warga Kelurahan Tarorane Lingkungan 1 Kecamatan Siau Timur (Sitim). Lelaki yang berprofesi sebagai tukang pangkas rambut itu diamankan polisi lantaran kedapatan membawa senjata tajam (sajam) jenis pisau badik, tepatnya di depan salah satu Bank di Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur.

“Pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021, Tim Sat Reskrim Polres Kepulauan Sitaro melaksanakan razia premanisme di wilayah Polres Kepulauan Sitaro di pusat keramaian Kota Ulu. Pada saat melakukan pemeriksaan, tim yang dipimpin Bripka Azmun Zalim menemukan seorang pemuda yang masih bau miras. Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan di badan lelaki tersebut sebilah pisau badik yang terbuat dari besi kuningan,” terang Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Hansjen Ratag melalui Kasat Reskrim, AKP Rudyanto Simanjuntak, Rabu (16/6).

Atas temuan sajam dengan panjang sekira 30 sentimenter tersebut, polisi langsung menggiring pelaku ke Mapolres Kepulauan Sitaro di Kelurahan Paniki Kecamatan Siau Barat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari keterangan awal, pelaku diketahui baru selesai mengikuti nonton bareng pertandingan sepakbola piala eropa yang berlangsung di sekitar lokasi ditemukannya pelaku. “Makanya kami sedang mencari informasi lebih lanjut dari beberapa orang yang berada di lokasi ditemukannya pelaku,” lanjut Simanjuntak.

Diterangkan, langkah kepolisian akan dilakukan secara bertahap sesuai ketentuan hukum yang berlaku, mulai dari tahap penyelidikan hingga penyidikan terhadap pelaku. “Pelaku bisa kita jerat dengan Undang-Undang Darurat tentang senjata tajam,” kunci Simanjuntak.

Sebelumnya, aparat Polsek Siau Timur juga berhasil mengamankan oknum warga Kelurahan Bahu Lingkungan VI berinisial AB alias Arter (43) yang mengamuk di sekitar tempat tinggalnya dan diduga sempat mengancam warga menggunakan senjata tajam jenis parang. Deretan penangkapan ini merupakan bagian dari upaya pemberantasan aksi premanisme di wilayah hukum Polres Kepulauan Sitaro. Langkah ini adalah tindak lanjut perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas instruksi langsung Presiden Joko Widodo yang mendapati laporan sejumlah sopir mobil kontainer di wilayah Jakarta Utara.(86)

Komentar