oleh

Dua Kapal Akan Layani Penyeberangan ke Lembeh

METRO, Bitung- Penyeberangan ke Pulau Lembeh akan kembali normal mulai Kamis (22/07) hari ini. Kapal pengganti KMP Tude yang tengah naik dok sudah siap beroperasi.

“Iya, kami sudah mendapatkan kapal pengganti untuk KMP Tude. Jadi mulai besok (hari ini,red) penyeberangan dengan kapal feri ke Lembeh sudah normal,” ujar Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Bangun Bitung, Rizal Marcos Lumombo, Kamis (22/07) kemarin.

Seperti pernah diberitakan sebelum ini, KMP Tude untuk sementara harus naik dok dalam rangka perbaikan. Kapal yang dikelola PD Bangun Bitung itu harus kembali ke dok karena ada temuan tidak layak berlayar. Tak tanggung-tanggung, temuan itu berasal dari Kementerian Perhubungan dan Biro Klasifikasi Indonesia.

Nah, guna mengisi kekosongan tersebut PD Bangun Bitung harus mencari kapal pengganti untuk disewa. Langkah itu perlu dilakukan mengingat keberadaan KMP Tude tak sekedar melayani angkutan penumpang, melainkan juga angkutan barang yang jadi kebutuhan warga di Pulau Lembeh.

“Kapal pengganti ada dua, KMP Bawal dan KMP Lokong Banua. Dua kapal ini akan menggantikan peran KMP Tude dalam melayani kebutuhan masyarakat,” terang Rizal.

Meski begitu, kehadiran dua kapal dimaksud tidak sepenuhnya mengisi jadwal pelayaran yang ditinggalkan KMP Tude. KMP Bawal yang biasa berlayar ke Maluku Utara dan KMP Lokong Banua ke wilayah Sitaro, harus membagi jadwal mereka.

“Dalam seminggu masing-masing kapal cuma bisa dua kali menyeberang ke Lembeh. KMP Bawal pada Hari Senin dan Kamis, KMP Lokong Banua Hari Selasa dan Sabtu. Untuk KMP Bawal jadwalnya antara jam 8 pagi sampai jam 2 siang, sedangkan KMP Lokong Banua jam 9 pagi hingga jam 3 sore,” bebernya.

Atos sapaan akrab Rizal, tak menampik jika jadwal di atas bisa saja berubah. Hal itu diperbolehkan karena menyesuaikan dengan kondisi operator kapal. Begitu pula dengan jumlah trip per hari. Sesuai kesepakatan, masing-masing kapal harus melayani delapan trip, namun jika ada hambatan hal itu bisa disesuaikan.

“Tapi untuk tarif tidak berubah, sama seperti KMP Tude,” pungkasnya.(69)

Komentar