TNI-Polri Plus Siswa Peringati Hardiknas di Kodim Manado

Sulut143 views

METRO, Manado- Kodim 1309/Manado menggelar Upacara Hardiknas bersama Polresta Manado dan perwakilan Sekolah-sekolah di Kota Manado, Selasa (02/05) pagi.

Upacara Hardiknas dilaksanakan di Lapangan hitam Makodim 1309/Manado, Jl. Samratulangi Kel. Winangun Dua, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Bukan tanpa sebab, dalam poin pertama Pedoman peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 tampak berbeda karena kegiatan ini dilaksanakan secara bersama dengan TNI Polri menggandeng Sekolah serta meningkatkan Sinergi TNI Polri.

Sehubungan dengan Hari Raya Idul fitri 1444 H, maka kegiatan upacara di rangkaian dengan Halal bihalal serta silaturahmi antara Kodim 1309/Manado, Polresta Manado serta perwakilan Sekolah di Kota Manado.

Dalam kegiatan Upacara yang bertindak sebagai Inspektur upacara Kasdim 1309/Manado Letkol Inf Dedi Junaedi, dan Perwira Upacara Pasipers Kodim 1309/Manado Kapten Czi Raymond F. Ranti serta Komandan Upacara Plh Danramil 1309-05/Wori Lettu Inf Apun.

Pemerintahan Jokowi telah mencanangkan sejumlah program menuju Indonesia Emas 2045. Sejalan dengan itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 1309 Manado meniti jalan menuju Manado Emas dengan peningkatan sumber daya manusia melalui program Babinsa mengajar di sekolah.

Di tempat berbeda, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr(Han) mengatakan bahwa kegiatan upacara Hari Pendidikan Nasional ini sesuai dengan progam saya meningkatkan sumber daya manusia menuju Manado Emas 2045.

“Kita akan menuju Indonesia Emas 2045, atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu juga akan terjadi bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar, ”pungkas Letkol HTL sapaan akrab Dandim Manado.

Himawan memaparkan, kondisi bonus demografi itu bisa menjadi kekuatan namun juga kelemahan, jika banyaknya penduduk usia kerja itu tidak dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. Karena itulah perlu disiapkan generasi emas yang nantinya terampil saat berada di tahun 2045 nanti.

“Karena itu maka peningkatan sumber daya manusia, mencakup pengetahuan dan ketrampilan harus disiapkan dari saat ini. Termasuk mulai dari kalangan siswa SD dan SMP yang nantinya akan memasuki usia produktif di tahun 2045 saat terjadi bonus demografi itu,” ungkap HTL, sapaan akrab mantan Dandim 1626 Bangli ini.

Sejalan dengan program pemerintah pusat menuju Indonesia Emas itu, HTL mengatakan, jajaran Kodim 1309 Manado juga meniti jalan menuju Manado Emas dengan menyiapkan anak usia sekolah khususnya SD dan SMP dengan sumber daya manusia yang memadai. Termasuk punya wawasan kebangsaan yang baik.

“Kami ingin membentuk SDM khususnya bagi anak yang saat ini duduk di bangku SD dan SMP di Manado agar dari sekarang tahu akan wawasan kebangsaan, nilai-nilai kebangsaan, rasa bela negara, rasa persatuan dan kesatuan, serta rasa memiliki Indonesia,” papar Himawan Teddy yang baru 1 bulan menjabat Dandim 1309 Manado ini.

Diketahui, Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.(50)

Komentar