Serap Listrik Hijau PLN, PT United Tractor Dukung Upaya Menurunkan Emisi Karbon

Ekonomi10 views

METRO, Manado- PT United Tractors Tbk Cabang Manado dan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado baru saja menandatangani perjanjian jual beli Renewable Energy Certificate (REC) REC sebanyak 97 unit.

REC merupakan sertifikat atas produksi energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit energi terbarukan di mana satu unit REC setara dengan 1 Mega Watt hour (MWh), dengan begitu PT United Tractors turut berkontribusi dalam menggunakan 97 MWh listrik hijau.

Branch Operation Head PT United Tractors Cabang Manado, Rinaldi Akbar Rangkuti mengatakan, penggunaan listrik hijau PLN ini merupakan bentuk komitmen perusahaannya terhadap upaya mengurangi emisi karbon.

“Kami merasa sangat terbantu dengan hadirnya produk REC dari PLN, hal ini untuk mendukung program perusahaan untuk beroperasi secara ramah lingkungan dan memastikan bahwa listrik yang digunakan berasal dari Energi Hijau di Indonesia, yang juga diakui oleh Internasional,” ungkap Rinaldi.

Manager PLN UP3 Manado, Mulke Gal Tumanken menjelaskan, melalui REC, PLN menyediakan layanan energi bersih sebagai upaya bersama mencapai target pengurangan emisi karbon.

“Program REC ini akan terus kami tawarkan ke perusahaan yang bergerak di skala internasional, demi mewujudkan target net zero emission di 2060,” ucap Mulke.

Ia mengatakan, lewat kerja sama dengan PT United Tractors, Tbk Cabang Manado diharap dapat memacu perusahaan lainnya untuk dapat pemanfaatan produk REC PLN.

“Kami berharap perusahaan lain bisa mengikuti jejak PT United Tractors, Tbk Cabang Manado dalam pemanfaatan fasilitas produk REC PLN agar dapat menjadi langkah strategis dalam mewujudkan pemanfaatan listrik yang bersumber dari energi baru dan terbarukan di bidang industri dan bisnis di Indonesia,” pungkas Mulke.(71)

Komentar