Polres Bitung Mencanangkan Kelurahan Bitung Timur Kampung Bebas Narkoba

Bitung35 views

METRO, Manado- Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa melaunching pembentukan Kampung Bebas Narkoba, di Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa, pada Senin (11/9/2023) siang.

Kapolres Bitung dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Kampung Bebas Narkoba ini salah satu tujuannya adalah untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba.

“Penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba saat ini tidak hanya terjadi di perkotaan tetapi sudah menyebar hingga ke pelosok desa. Untuk itulah, dibentuk Kampung Bebas Narkoba sebagai salah satu upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba,” kata AKBP Tommy.

Lanjutnya, Kampung Bebas Narkoba adalah satuan wilayah setingkat desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan, kemandirian, dan sinergitas dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan zat adiktif lainnya.

Sementara itu Wali Kota Bitung diwakili Sekkot Rudi Tenoh, mengatakan, narkoba adalah ancaman bagi generasi muda dan masa depan bangsa.

“Oleh karena itu, langkah-langkah seperti pencanangan Kelurahan Bitung Timur sebagai Kampung Bebas Narkoba, sangatlah penting,” ujarnya.

Pihaknya juga menekankan beberapa hal terkait upaya bersama dalam memberantas penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba. Di antaranya, pencegahan merupakan kunci efektif, kolaborasi lintas sektoral, dan penegakan hukum.

“Kita juga perlu memastikan bahwa penegakan hukum berjalan dengan baik dan perlu meningkatkan kerjasama dengan pihak kepolisian serta lembaga penegak hukum lainnya untuk memberantas peredaran narkoba di Kota Bitung,” pungkasnya.

Pencanangan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Forkopimda Kota Bitung, dilanjutkan penandatanganan deklarasi Kampung Bebas Narkoba.

Turut hadir dalam kegiatan di antaranya, Forkopimda Kota Bitung atau yang mewakili, para pejabat dan Kapolsek jajaran Polres Bitung, Ketua MUI Kota Bitung, Camat Maesa, Lurah Bitung Timur beserta para Kepala Lingkungan dan Ketua RT serta tamu undangan lainnya.(tbnews)

Komentar