Bandara Samrat Tutup Sampai Senin Siang: Sebaran Abu Vulkanik Masih Terdeteksi

METRO, Manado- Pihak Angkasa Pura (AP)1 Bandara Sam Ratulangi (Samrat) mengumumkan kembali perpanjangan penutupan sementara operasional bandara hingga Senin (22/4/2024) besok pukul 12.00 WITA.

“Sebaran abu vulkaniknya masih banyak. Berdasarkan paper tes di beberapa titik di airside, sebaran debu vulkanik dampak erupsi Gunung Ruang di Tagulandang masih terdeteksi,” ujar Yanti Pramono, Manager Humas Bandara Samrat, dalam keterangan tertulis via whatsapp, Minggu (21/4/2024).

Dijelaskan Yanti, apabila abu vulkanik sampai masuk ke mesin pesawat maka dapat dipastikan mesin akan rusak karena karakteristik abu vulkanik yang tajam. “Karena itu saat ini semua mesin pesawat ditutup,” jelasnya.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Guswanto, mengungkapkan bahwa abu vulkanik yang terlontar ke udara dapat merusak badan pesawat dan fungsi baling-baling pada pesawat turboprop atau mesin jet dalam pesawat turbofan.

“Oleh karena itu, deteksi dini dan informasi cuaca penerbangan sangat penting untuk keselamatan penerbangan,” kata Guswanto.(71)

Komentar