oleh

Lomba Maengket dan Masamper Goyang Pemkab Minut

-Minut & Bitung-37 views
Lomba Tari Maengket

METRO, Airmadidi – Lomba tarian Maengket dan lomba Masamper memeriahkan rangkaian peringatan HUT ke 73 Kemerdekan Repoblik Indonesia yang digelar Pemkab Minahasa Utara, Selasa (28/08) kemarin.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Ir Jemmy H Kuhu MA. Sekda mengungkapkan sangat mengapresiasi dan senang karena boleh terlaksananya kegiatan seperti ini.
“Mari kita budayakan masamper ini dan Tari Maengket karena ini merupakan budaya  kearifan lokal dan harus ditingkatkan,” tutur Kuhu mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan.
Sekda berharap kegiatan seperti ini bukan cuma sampai di kabupaten melainkan bisa sampai ke provinsi dan terutama nasional. “Karena ketika sampai ke nasional kita bisa memperkenalkan adat dan budaya kita,” ungkap Sekda seraya mengajak generasi penerus selalu melestarikan budaya ini.
“Kalau bukan kita siapa lagi yang bisa. Ini adalah warisan dari nenek moyang kita dan menjadi suatu kebanggaan ketika ada anak muda yang ikut berpartisipasi dan mengerti dengan tarian Minahasa ini,” sebut Kuhu.
Sementara itu menurut Sekretaris Panitia Bobby Nayoan untuk lomba Masamper yang dilaksanakan di pendopo Pemkab diikuti 10 kelompok. Sedangkan lomba tari Maengket dilaksanakan di atrium kantor bupati.(23)