oleh

34 Sinode se Indonesia Utus Peserta ke Konas FKPKB XII

METRO, Sangihe— Dilaksanakan terpadu dengan pembukaan Festival Pesona Sangihe (FPS) 2018 di kawasan Boulevard Tahuna, Selasa (4/9/2018) konsultasi nasional (Konas) Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persatuan Gereja Indonesia (FKPKB-PGI) ke XII dihadiri sekitar 320 orang utusan dari 34 sinode se Indonesa. 

Hal ini dikatakan Ketua Pelayanan Kategorial (Pelka) Laki-laki Sinode GMIST Jabes Gaghana SE ME ketika ditemui harian ini di lokasi kegiatan. Diakui pria yang juga Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe tersebut, menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah dan masyarakat ketika iven yang dilaksanakan setiap lima tahun itu bisa berlangsung di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina.

Dijelaskannya, konas yang akan berlangsung selama empat hari, selain untuk membahas dan mengevaluasi program selang lima tahun berjalan, sekaligus juga dengan agenda pemilihan kepengurusan pria kaum bapa PGI periode 2018-2023.

“Nantinya akan ada diskusi-diskusi terkait program kedepan maupun evaluasi program yang telah dilaksanakan, termasuk turut dilaksanakan pemilihan kepengurusan yang baru untuk periode lima tahun kedepan,” kata Gaghana. 

Sementara itu pelaksanaan Konas FKPKB-PGI merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Sangihe dan sangat memotivasi pria kaum bapa GMIST.

Hal ini diakui salah satu panitia pelaksana, Penatua Noval Budiman yang ditemui terpisah. Dikatakan, Kona FKPKB-PGI selain mempertemukan saudara-saudara seiman dari berbagai penjuru di tanah air, juga menjadi pengalaman tersendiri bagi kaum bapa mulai dari tingkat Sinode GMIST sampai di Gereja dan di kelompok pelayanan.

“Tentunya hasil dari kegiatan ini akan menjadi pengalaman dan menambah iman bagi kita Pelka Laki-laki dilingkup GMIST serta keberadaan kita selaku anggota masyarakat,” ujar dia.

Penulis: Iwan Machmoed