oleh

Siswa SMA Kumelembuai Belajar Nyoblos

Simulasi pencoblosan kertas suara oleh SMA Kumelembuai

 

METRO, Amurang- Sekolah menengah atas (SMA) Negeri Kumelembuai, memberikan sosialiasi kepada pemilih pemula di antaranya para siswa bagaimana tahapan pencoblosan dalam Pemilu 2019.

Pihak sekolah berharap melalui simulasi ini, pemilih pemula tidak menyia-nyiakan haknya dalam memilih. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Kepsek Poppy Mongkaren MPd didampingi oleh Wakasek Swingly Liow SPd menyampaikan materi kepada puluhan siswa-siswi secara detail dan gamblang tentang tahapan-tahapan pemilihan umum.

“Pemilih pemula jadi kami sesuaikan dengan mereka. Kami tidak terlalu menjejali mereka dengan pertanyaan-pertanyaan. Jadi kegiatan ini menarik sehingga mereka tidak bosan, yang terpenting adalah mereka muncul kesadaran untuk mengunakan hak pilihnya,” tutur Mongkaren, Kamis (25/10) kemarin.

Sementara itu Liow menegaskan tujuan dari diadakannya sosialisasi ini agar pemilih pemula bisa menjadi pemilih yang cerdas.

“Pemilih yang cerdas itu mencoba memastikan sebelum pemungutan suara itu terdaftar sebagai pemilih. Memastikan calon yang akan dipilih sesuai dengan rekam jejaknya. Kemudian datang ke TPS sudah punya pilihan dan tidak bersifat pragmatis tidak berdasarkan materi tapi berdasarkan visi misi Paslon. Kemudian setelah memilih mau mengawasi proses pemungutan suara, rekapitulasi, dan sebagainya,” pungkasnya.

 

Penulis: Rommy Liando

Komentar