oleh

515 Warga Mangkit, Terima Sertifikat Tanah

-Minsel & Mitra-61 views

Gubernur menyerahkan sertifikat tanah kepada 515 Warga Mangkit eks HGU.

 

METRO, Ratahan – Rasa syukur diungkap 515 Warga Desa Mangkit, Kecamatan Belang, setelah perjuangan menjadikan tanah eks Hak Guna Usaha atau HGU sebagai hak milik terwujud melalui penyerahan sertifikat tanah oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Senin (29/10/2018) kemarin.

Simon Aling, Hukum Tua Mangkit mengatakan, sertifikat tanah tersebut, didapat melalui proses perjuangan yang panjang. Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo yang telah merestui perjuangan mereka. “Terima kasih juga kepada Pak Olly Dondombey selaku Gubernur Sulut, dan Pak James Sumendap SH selaku Bupati Mitra yang telah memperjuangkan hal ini, sehingga harapan warga untuk memiliki tanah ini bisa terwujud,” ungkap Aling.

Bupati Mitra, James Sumendap SH dalam laporannya pada pelaksanaan Redistribusi dan penyerahan sertifikat tanah eks HGU dalam kerangka reformasi agraria yang berlangsung di Lapangan Desa Mangkit menegaskan, penyerahan sertifikat ini, bukan sekedar perjuanhan tetapi suatu kewajiban negara dan daerah kepada rakyat. “Jangan jual tanah yang disiapkan untuk anak cucu saudara-saudara. Saya ingatkan kepada Hukum Tua maupun Camat, kalau ada yang berniat untuk menjualnya, jangan proses akta jual belinya,” tegas Sumendap.

Sementara itu, pihak Kementerian Agraria tata ruang/Badan pertanahan Nasional RI yang diwakili Dirjen Penataan Agraria, DR Mohamad Iksan SH MH mengapresiasi upaya Pemprov Sulut dan Pemkab Mitra dalam memperjuangkan hal ini. “Desa Mangkit menjadi yang pertama menyerahkan Tanah Objek Reforma Agraria,” jelas Iksan.

Sedangkan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey meminta warga agar memanfaatkan tanah tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan. “Ini anugerah bagi warga di Mangkit, makanya harus dijaga dan diolah dengan baik. Saya pastikan ada sanksi bagi yang menjualnya,” tandas Gubernur.

Penulis: Ryan Sandag

Komentar