oleh

Masyarakat Wajib Berperan Dalam Penganggulangan Rabies

-Minsel & Mitra-91 views

Caption: sosialisasi penanggulangan rabies.(ist)

 

METRO, Ratahan – Jadi salah satu penyakit mematikan, rabies perlu ada penanganan serius. Peran masyarakat juga menjadi hal wajib, dalam upaya penanggulangan penyakit yang menyebar melalui gigitan anjing ini.

Wakil Bupati Mitra, Drs Jesaja Joke Legi dalam sambutannya saat membuka sosialisasi percepatan penanggulangan hewan berisiko rabies yang berlangsung di Aula perkebunan Lamet, Ratahan, Selasa (30/10/2018) mengatakan, peran warga dalam upaya penanggulangan penyakit rabies bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya rutin memvaksin hewan beresiko rabies yang dipelihara, termasuk bersikap tanggap ketika ada warga yang digigit hewan beresiko rabies.

“Warga wajib untuk segera melaporkan jika ada kejadian seperti ini, agar penanganan bisa segera dilakukan,” ujar Legi.

Dikatakan Legi, Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang penanggulangan hewan beresiko rabies, merupakan upaya konkrit yang dilakukan Pemkab Mitra dalam meminimalisir bahkan menghentikan penyebaran penyakit ini. “Adanya Perda ini, memberi efek terhadap penyebaran rabies, karena sesuai data, kasus rabies mengalami penurunan. Akan tetapi, antisipasi tetap harus terus dilakukan, masyarakat wajib melaporkan keberadaan hewan peliharaan, melakukan vaksinasi termasuk mengendalikan kelahiran hewan peliharaan,” tandas Legi.

Pelaksanaan sosialisasi yang menghadirkan hukum tua, lurah para camat serta elemen lainnya, bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang resiko serta penanganan rabies. “Dalam sosialisasi tadi (kemarin, red), juga dilakukan penandatanganan dukungan dari berbagai elemen. Ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam upaya penanggulangan rabies,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra, Ir Elly Sangian.

Penulis: Ryan Sandag

Komentar