oleh

Pemkab Minut Didesak Laksanakan Rekom KASN

-Minut & Bitung-42 views

Stendy Rondonuwu

 

METRO, Airmadidi – Rekendasi rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait pengembalian jabatan tiga pimpinan tinggi pratama/PTP (eselon II) yang di-nonjob-kan sejak tahun lalu didesak kepada Pemkab Minahasa Utara untuk dipatuhi.

Ketua Komisi I DPRD Minut Stendy Rondonuwu SE, mengingatkan KASN merupakan institusi resmi dan rekomendasi yang dikeluarkan tentu saja berdasarkan kajian matang. “KASN bukan lembaga sebarangan dan asal-asalan.Rekomendasi dari KASN bukan asal-asal dan dikeluarkan sesuai tupoksi mereka. Jadi pemkab wajib menindaklanjuti rekom dari KASN,” tutur Rondonuwu, Senin (10/12/2018).

Lanjutnya, KASN sudah berulangkali mengeluarkan rekomendasi ke pemkab terkait tiga pejabat non-job tersebut. Bahkan pekan lalu KASN sampai datang menemui Sekda Ir. Jemmy Kuhu MA untuk menyerahkan secara langsung rekomendasi terakhir. “Ini berarti masalah di Pemkab Minut jadi perhatian khusus dan serius KASN. Bahkan rekomendasi itu juga sudah sampai kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB),” papar Rondonuwu.

Diakui, Rondonuwu Komisi I DPRD Minut pernah mendatangi KASN di Jakarta. “Mereka (KASN) langsung bilang pasti kedatangan kami terkait masalah pencopotan tiga srikandi eselon II,” bebernya.

Rondonuwu mengingatkan jika tidak diindahkannya rekomendasi KASN, maka daftar pelaksana tugas (Plt) jabatan eselon II akan terus bertambah yang kini sudah berjumlah 21 orang. “Imbasnya akan menghambat karier birokrat Minut. Ini dikhawatirkan akan menurunkan kinerja pejabat yang bukan tak mungkin berujung pada menurunnya pelayanan kepada publik. Apa susahnya pemkab melaksanakan rekomendasi KASN,” tukasnya.

Dirinya juga mengingatkan dan meminta Baperjakat harus benar-benar melaksanakan fungsinya.
Seperti diketahui sejak tahun lalu KASN telah merekomendasikan agar ketiga PTP yang kini nonjob yakni dr. Lilly Lengkong MKes, Dra Femmy Pangkerego MPd ME dan Hanny Tambani MSi agar dikembalikan ke jabatan semula masing-masing sebagai Kadis Pendidikan, Kadis Perindustrian dan Kadis Perhubungan.(RAR)

Komentar