oleh

ROR Sampaikan Instruksi Terkait DBD

Royke O Roring

 

 

METRO, Tondano – Dalam mencegah menyebarnya penyakit Demam Berdarah (DBD). Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) mengeluarkan instruksi, Kamis (3/1/2019).
Intruksi itu disampaikan Bupati kepada seluruh jajaran Pemkab, baik Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan terutama para Camat, Lurah dan Hukum Tua serta seluruh ASN se Kabupaten Minahasa.
“Sehubungan dengan terjadinya peningkatan jumlah pasien DBD belakangan ini di beberapa rumah sakit. Maka untuk mencegah agar penyakit DBD tidak meningkat disampaikan instruksi ini dan wajib diketahui seluruh warga Minahasa,” tukas ROR.
Pertama, musim penghujan ini diinstruksikan agar masyarakat memperhatikan jangan ada genangan air hujan yang tertampung di pot bunga, botol kemasan air mineral, kaleng cat bekas dan lainnya. Terlebih pada di lingkungan dekat rumah yang menjadi sarang bertelur dan berkembang biaknya nyamuk aedes agepty pembawa virus DBD.
Kedua, memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kegiatan penyemprota atau fogging bukan cara yang efektif untuk memberantas nyamuk DBD. Namun yang terpenting adalah kegiatan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing secara rutin dan terpadu.
Ketiga, melakukan 3M Plus yaitu Menguras, Menutup tempat penampungan air serta Mengubur barang bekas dan atau melakukan daur ulang.
Keempat, mengawasi kompleks pekuburan yang banyak orang berziarah dan membawa bunga. Kiranya agar bunga tidak diletakkan diwadah yang beisi air. Sehingga mencegah terbentuknya media bagi nyamuk Aedes Agepty bersarang dan berkembang biak.
“Kiranya instruksi ini bisa dilaksanakan seluruh jajajaran dan diketahui warga Minahasa,” pungkasnya.(cel)

Komentar