Sekda Ingatkan Pencairan Anggaran Harus Sesuai SOP

Sekda Ir Jemmy H Kuhu MA

METRO, Airmadidi – Sekda Minahasa Utara Ir Jemmy H Kuhu MA mengingatkan semua pencairan anggaran harus melalui dan sesuai aturan serta standar operasional sistem. Hal ini diungkapkannya terkait kesalahan pencairan dana Dinas Pariwisata kepada bendahara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) sebesar Rp 117 juta.

Baca Juga :  Usai Cekcok, Agnes Ditemukan Tewas Tergantung


“Tentunya kalau sesuai aturan dab SOP tidak akan tetjadi kesalahan pembayaran. Bupati sudah menegur sekretaris Dinas Pariwisata. Karena pengguna anggaran harus bertanggung jawab,” tutur Sekda belum lama ini.


Lanjutnya kesalahan pembayaran ini terjadi karena proses tidak melalui SIMDA tetapi masi melalui manual. “Kalau sudah ikut SIMDA semua akan secara otomatis termasuk pemindahan bukuan. Sehingga kesalahan akan terhindar,” jelasnya.

Baca Juga :  60 Pembalap Mulai Acak-acak Sirkuit Sulut Hebat


Hal yang sama juga diungkapkan Plt Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau belum lama ini. “Ini terjadi karena proses pencairan masih manual. Padahal semua SKPD kami sudah wajibkan melalui SIMDA online. Tahun ini semua harus simda online. Kalau maual memang rentan penyimpangan. Selain itu bendahara harus jujur. Ini masalah moral,” jelas Macarau.

Baca Juga :  Lantaran Lilin , Rumah di Kema Ludes Terbakar


Lanjutnya secara fungsional semua bendahara di bawah Badan Keuangan. Tapi secara struktural bendahara ada di SKPD masing-masing.(RAR)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru