oleh

Detasemen Kesehatan Wilayah Manado Peduli Korban Bencana

METRO, Manado- Denkesyah 13.04.01/Manado turun langsung periksa Kesehatan dan Foggingisasi pengungsi pasca korban banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Bhakti Sosial Kodam XIII/Merdeka di Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala,Kota Manado Minggu (31/01).

Satuan Kesehatan TNI AD, dalam hal ini Denkesyah 13.04.01/Manado bersama Kesdam XIII/Merdeka mendirikan Posko Umum untuk pemeriksaan kesehatan kepada warga yang mengalami sakit pasca banjir, dan Tanah Longsor yang terjadi di Kota Manado.

Kepala Kesehatan Kodam XIII/Merdeka, Kolonel Ckm dr Ponco Darmono SpB menyampaikan, TNI memiliki berbagai fungsi, diantaranya dibidang kesehatan. Kami dalam kegiatan bakti sosial ini menurunkan petugas medis terdiri dari, 4 dokter TNI, 1 tenaga analis, serta 8 para medis (perawat), ini disiapkan untuk membantu warga yang mengalami sakit.

Selanjutnya Dandenkesyah 13.04.01/Manado Letkol CKM Alftrit Sengka SKM MM pada kesempatan yang sama menyampaikan apabila ada warga yang sakit, segera datang untuk berobat di posko kesehatan TNI yang telah disediakan.

“Siapa saja warga yang merasa sakit segera berobat, ini gratis dan disiagakan untuk warga disini,” pungkas Dandenkes Letkol CKM Alfrits Sengka.

Hari ini tercatat lebih dari 50 orang yang berobat dengan keluhan seperti sakit Kista, Gatal, hipertensi, kolestrol, Demam, Diare, dan Luka akibat terkena benturan yang terdiri dari semua umur.

Sementara itu, salah seorang warga atas nama Saudari Selfie Kewas (61) Warga Kelurahan Taas mengaku, keluhan yang diakuinya saat berobat, dirinya mengalami darah tinggi dan kolestrol.

Tidak hanya memperoritaskan kepada Lansia, ibu hamil dan menyusui ,TNI juga peduli terhadap anak disabilitas yang terdampak banjir dengan memberikannya pengobatan dan Asupan Gizi sekaligus memantau kesehatannya dengan melanjutkan pengobatannya ke Rumah Sakit

Bakti sosial ini selain melakukan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan Pengasapan (Fogging) untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk demam berdarah khususnya di sekitar wilayah Kelurahan Taas yang terkena dampak Banjir dan Tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ini dikakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI untuk selalu hadir ditengah tengah masyarakat dan upaya / cara untuk menghambat perkembang biakan nyamuk aides aegepty dengan membunuh nyamuk dewasa, untuk lebih optimal dalam mengatisipasi penyebaran penyakit DBD di wilayah Kota Manado, sehingga diperlukan kerjasama seluruh lapisan masyarakat, terutama kesadaran masyarakat itu sendiri terhadap kebersihan lingkungan terutama pada tempat-tempat yang di mungkinkan nyamuk itu berkembang biak.(50)

Komentar