oleh

BRI Salurkan KUR Kepada Pelaku UMKM Jaring Apung di Tondano

METRO, Manado- BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Manado melaksanakan kegiatan tabur benih ikan air tawar di kawasan Danau Tondano, pada Sabtu (10/04). Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyaluran pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) kepada lima pelaku UMKM jaring apung dengan total plafond kredit mencapai Rp 160 juta.

Regional CEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono mengungkapkan bahwa di tahun 2020, Kantor Cabang BRI Tondano telah menyalurkan KUR sebesar Rp 176.28 miliar ke 6.623 pelaku UMKM. Tahun ini, hingga 31 Maret 2021, BRI Tondano telah menyalurkan KUR sebesar Rp 52.37 miliar dari alokasi sebesar Rp 381.77 milyar.

“Untuk Kanwil BRI Manado khususnya untuk wilayah Sulawesi Utara, hingga 31 Maret 2021 telah menyalurkan KUR sebesar Rp 246.6 miliar atau 14 persen dari alokasi KUR wilayah Sulawesi Utara sebesar Rp 1,75 triliun,” kata Sarjono.

Menurutnya, BRI Tondano dengan wilayah supervisi yang meliputi 4 kabupaten/kota, terdapat 16 enam belas BRI Unit dengan 57 orang mantri yang mengelola 533 desa/kelurahan, diharapkan mantri BRI dapat mengoptimalkan potensi wilayah dengan berkolaborasi bersama pemerintah setempat guna mensukseskan terwujudnya inklusi keuangan yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial di masyarakat.

“Selain memberikan modal usaha melalui KUR, kolaborasi antara mantri BRI dan pemerintah setempat dapat mengembangkan potensi klaster usaha dan melatih anggota klaster agar produk-produk yang dihasilkan lebih bernilai dan mampu bersaing di pasar,” ujarnya.

Hal ini, menurut Sarjono sejalan dengan program klasterKu keren (K3), ingin menjadikan klaster usaha sebagai pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM. “Melalui kolaborasi berbagai unsur yang menjunjung tinggi kreatifitas, sehingga terwujud inklusi keuangan yang menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Forkopimda, Bank Indonesia dan OJK, atas dukungannya terhadap kegiatan ini,” imbuhnya.(71)

Komentar