Kebahagiaan Lansia Tanggung Jawab Bersama

METRO, Bitung- Kaum lanjut usia atau lansia wajib dihormati. Sebagai orangtua, mereka punya banyak teladan yang perlu dicontohi para generasi muda.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar. Ia mengutarakan hal itu usai mengikuti peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25, Sabtu (29/05) lalu.
Peringatan HLUN sendiri dilangsungkan secara virtual. Kepala daerah se-Indonesia jadi peserta kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Sosial itu. Hengky sendiri ambil bagian di peringatan tersebut secara daring dari Lantai IV Kantor Walikota Bitung.

“Lansia itu harus kita anggap sebagai orangtua. Dan di mana-mana yang namanya orangtua pasti harus dihormati dan dijadikan teladan,” katanya.

Mantan anggota DPRD Sulut ini meminta hal itu tidak dianggap sepele. Penghormatan kepada lansia harus dimiliki oleh setiap orang.

“Kita bayangkan saja peran mereka bagi kita generasi yang lebih muda. Contoh paling jelas adalah perjuangan para lansia sewaktu masa penjajahan dulu. Kita sekarang bisa hidup enak dan menikmati kemerdekaan karena perjuangan mereka. Itu secara umum saja, belum termasuk dalam keluarga kita masing-masing. Kita bisa sekolah dan dapat jabatan karena mereka yang menyekolahkan,” tuturnya.

Hengky pun mengajak semua elemen masyarakat memberikan perhatian khusus bagi kaum lansia. Ia berharap kebahagian kaum tersebut jadi perhatian bersama.
“Dan kita di Pemkot Bitung sangat memperhatikan hal ini. Beberapa program sudah kami siapkan untuk menghadirkan kebahagiaan bagi mereka, seperti bantuan khusus bagi lansia, serta penyediaan fasilitas yang mereka perlukan,” ujarnya.

Hengky tak sendiri mengikuti peringatan HLUN. Ia didampingi Asisten I Franky Ladi dan Kepala Dinas Sosial Give Mose.(69)

Komentar