Pemkab Talaud Fokus Jadikan Jagung Komoditi Unggulan

Nusa Utara, talaud267 views

METRO, Talaud- Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud di bawah kepemimpinan Bupati Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga mengandalkan tanaman jagung sebagai komoditi unggulan atau primadona baru. Untuk itu terus dilaksanakan kegiatan penanaman jagung di beberapa tempat yang ada di daerah tersebut.

Buktinya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kepulauan Talaud di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Melksion Saweduling menghadiri kegiatan penanaman perdana jagung di kebun kelompok tani (poktan) Christiani di Desa Nunu Utara Kecamatan Rainis, Rabu (9/6).

Mengawali rangkaian kegiatan penanaman, dilakukan ibadah syukur dan permohonan. Selanjutnyan sebagai bentuk kearifan lokal masyarakat kepulauan Talaud yang masih kental dengan nilai-nilai adat dan tradisi, acara dilanjutkan dengan ritual adat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Melksion Saweduling, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan, Patner Andasia memberikan apresiasi kepada Poktan Christiani yang diketuai oleh Justus Larenggam ini.

“Kami sungguh salut dan bangga atas responsibilitas serta inisiatif pribadi dan kelompok tani yang telah bekerja secara mandiri untuk menyukseskan program unggulan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Elly Engelbert Lasut dan Wabup Moktar Arunde Parapaga, yang mana untuk sektor pertanian telah mengandalkan jagung sebagai komoditi unggulan atau primadona baru,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu Sekda Yohanis Kamagi pernah mengatakan bahwa Ini merupakan salah satu program dari pemerintah daerah untuk ketahanan pangan dan juga untuk menyukseskan program swasembada jagung yang ditargetkan pada tahun 2021 atau 2022.

“Agar daerah kita bisa lebih maju dalam sektor pertanian, bahkan jikalau bisa mengungguli kabupaten dan kota yang lain di Provinsi Sulut,” ujar Kamagi.(tr-69)

Komentar