Datangi Basarnas, Sasingen Usulkan Pembangunan Pos SAR di Sitaro

Nusa Utara, Sitaro178 views

METRO, Sitaro- Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rentan terjadi bencana alam. Di tengah kondisi ini, kesigapan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam rangka pencegahan hingga penanggulangan bencana alam, termasuk upaya pencarian dan pertolongan terhadap mereka yang menjadi korban bencana alam.

Salah satu unsur penting dalam kaitan upaya pencarian dan pertolongan orang adalah Badan SAR Nasional (Basarnas) atau yang kini dikenal dengan nama Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang. Terkait hal itu, Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen melakukan koordinasi ke Kantor Basarnas di Jakarta untuk menghadirkan Pos SAR di wilayah Kabupaten Sitaro.

Di hadapan Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi serta Drs. Dianta Bangun, M.Kes selaku Sestama Basarnas dan Suparmono selaku Deputi Bidang Sarana dan Prsarana dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Bupati Evangelian Sasingen menjelaskan pentingnya keberadaan Pos SAR di wilayah Sitaro.

“Bencana sudah jadi langganan di tempat kami dengan topografi daerah pegunungan dan bebatuan. Ketika terjadi bencana, kami kesulitan untuk proses evakuasi, karena banjir bandang ditempat kami unik, lebih banyak material yang turun dibandingkan air,” ungkap bupati. Ia pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Basarnas melalui Pos SAR Tahuna maupun Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang di Manado yang selalu hadir membantu Pemkab Sitaro ketika terjadi bencana alam maupun kejadian orang hilang. “Uluran tangan Basarnas bagi kami pemerintah dan masyarakat selama ini sangat sigap dan selalu hadir, khususnya saat terjadi bencana alam,” lanjutnya.

Meski begitu, bupati dan jajaran Pemkab Sitaro sangat mengharapkan adanya Pos SAR dari Basarnas di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro. “Ini terkait efisiensi waktu penanganan bencana, khususnya upaya pencarian dan pertolongan orang. Jadi kami sangat berharap sekiranya dari pihak Basarnas bisa menempatkan personil di daerah kami,” kunci Sasingen. Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyambut baik maksud dan tujuan kedatangan Bupati Evangelian Sasingen tersebut. Ia menyatakan bersedia menyiapkan tenaga yang mumpuni untuk memberikan pelatihan SAR dan membina potensi SAR yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro. “Kami menyambut positif keinginan ibu dan akan segera kami tindak lanjuti,” ujar Henri. Turut mendampingi bupati dalam kunjungannya ke Kantor Basarnas, antara lain Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro, Indra Purukan serta Kepala Dinas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Pemukiman, Bob Wuaten. (86)

Komentar