Pencak Silat & Tinju Optimalkan Pembinaan Atlet Usia Muda

Olahraga325 views

DUA pekan usai pelaksanaan PON XX Papua, dua cabang olahraga yakni Pencak Silat dan Tinju kembali melakukan latihan dengan mengoptimalkan atlet usia muda.

Pantauan METRO di Hall B GOR KONI Sario Manado, puluhan pesilat dan petinju yang masih belia sejak pekan lalu mulai menjalani program latihan.

“Kami mengundang para pesilat yang masih belia untuk berlatih bersama di KONI Sario Manado,” jelas Pelatih Senior Ventje Encho Simbar.

Menurutnya, dari belasan pesilat yang saat ini mulai digodok dengan latihan dasar, diharapkan pada empat atau lima tahun ke depan minimal ada satu atau dua yang bisa bertahan.

“Jika kompetisi di tingkat lokal bisa dilaksanakan secara rutin, saya optimis minimal dari belasan pesilat yang ada sekarang ada satu atau dua yang bertahan,” ujar Encho.

Diakui Encho, kendala dalam pembinaan atlet dari usia muda karena kesempatan untuk bertanding sangat jarang. Karena itu, ia berharap selain Pengprov IPSI Sulut, pihak KONI Sulut bahkan Kabupaten Kota memiliki agenda dalam bentuk kejuaraan.

“Jika saja lima Kabupaten Kota konsisten untuk menjadwalkan pertandingan dan provinsi satu atau dua kali dalam setahun, saya optimis akan tercipta atlet yang siap berkompetisi di tingkat nasional,” sebut Encho.(dni)

Komentar