Tampil Dominan, Canelo Taklukkan Jermell Charlo

METRO- Petinju Saul Canelo Alvarez mengungguli Jermell Charlo lewat kemenangan angka mutlak dalam duel 12 ronde kelas menengah super, di TMobile Arena, Las Vegas Nevada, Amerika Serikat, Sabtu (30/9/2023) malam, atau Minggu (01/10/2023), pukul 11.30 WITA siang.

Sama-sama berstatus juara dunia sejati di kelasnya masing-masing (Canelo Super Middleweight; Charlo Light Middleweight), tak menjadi jaminan laga ini berlangsung seru. Kedua petinju cenderung tampil hati-hati.

Meski begitu, Canelo tampil mendominasi sejak bel ronde pertama dibunyikan. Sepanjang 12 ronde, pukulan keras dari Canelo mendarat mulus di wajah dan tubuh Jermell Charlo.

Canelo yang lebih diunggulkan dalam duel ini, tampil agresif hingga ronde kedua. Jermell Charlo mencoba tampil berani dan keluar menyerang di ronde ketiga, namun tak berlangsung lama, Canelo kembali menyudutkan petinju berjuluk Iron Man ini ke sudut ring.

Ronde ke 4-5 pertarungan berlangsung seru, jual beli pukulan mulai ditampilkan kedua petinju, bahkan sebuah hook kiri dari Jermel sempat mendarat di rahang Canelo.

‘Malapetaka’ bagi Jermell Charlo terjadi di ronde ke 7. Pukulan Straight kanan kuat Canelo ke arah kepalanya membuat Jermel terhuyung dan menyentuh kanvas sehingga wasit menghitungnya. Namun Jermell masih mampu melanjutkan pertandingan.

Merasa di atas angin, Petinju Meksiko ini makin berani keluar menyerang dan terus menekan lawan hingga ronde terakhir. Terlihat beberapa kali hook dan uppercut dari Canelo mengenai wajah dan tubuh Jermell Charlo.

Canelo unggul mutlak dalam penilaian juri, dan dinyatakan keluar sebagai pemenang dengan nilai 119-108, 118-109, dan 118-109. Dengan kemenangan ini Canelo menorehkan rekor bertanding 60-2-2-39.(71)

Komentar