4 Desa di Boltim Terima Penghargaan Dari Kemendes-PDTT

Boltim45 Dilihat

METRO, Tutuyan- Visi misi Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto untuk membangun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus diwujudkan di berbagai sektor.

Buktinya berbagi perolehan prestasi dan penghargaan yang telah digapai oleh Kabupaten Boltim berkat komitmen dari mantan Jurnalis ini (Sam Sachrul Mamonto).

Kado diawal tahun baru empat desa di Kabupaten Boltim menerima penghargaan sebagai Desa Mandiri Tahun 2022 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) Republik Indonesia (RI).

Penyerahan piagam penghargaan dan penyematan lencana Desa Mandiri dari Kemendes-PDTT RI melalui Bupati Sam Sachrul Mamonto kepada 4 Sangadi, waktu Apel kerja perdana Pemkab Boltim yang digelar di Lapangan Bogani Kotabunan, Rabu (4/1) kemarin.

Menurut Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Boltim Hendra Tangel, penyerahan piagam penghargaan berdasarkan keputusan Kemendes-PDTT RI Nomor 105 Tahun 2022 tentang pemberian penghargaan desa dengan status mandiri tahun 2022.

“Ini sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, desa mandiri adalah suatu proses yang dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhannya dengan kemampuan sendiri. Dan Pak bupati menyerahkan langsung piagam sekaligus penyematan lencana dari Kemendes-PDTT untuk empat Sangadi di Boltim yang berhasil meraih penghargaan Desa Mandiri 2022,” ucapnya.

Hendra juga menjelaskan indikator penilaian kategori Desa Mandiri antara lain adanya pelayanan umum yang baik.

“Penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik serta memiliki nilai indeks pembangunan desa (IPD) lebih dari 75 persen. Empat desa yang menerima penghargaan Desa Mandiri tahun 2022 tersebut tiga diantaranya di Kecamatan Tutuyan masing-masing Desa Tutuyan, Desa Tutuyan III, Desa Togid. Sementara satu lainnya yakni Desa Purworejo Kecamatan Modayag,” ucap Hendra Tangel.(*/ktr/kg)

Komentar