Insan PLN Pembawa Terang, Demi Kebahagiaan Masyarakat

Ekonomi57 views

METRO, Manado- Petugas PLN yang berseragam lengkap dengan helm dan juga peralatan listrik sudah bukan menjadi pemandangan baru yang jarant terlihat.

Saking seringnya terlihat, seakan sudah menjadi hal biasa melihat para petugas ini berlalu lalang di lingkungan kita.

Petugas PLN pada umumnya sering terlihat melayani masyarakat terkait permohonan kebutuhan listrik dalam bentuk pasang baru listrik, penambahan daya listrik dan juga permohonan multiguna listrik untuk kebutuhan acara yang membutuhkan daya listrik lebih besar.

Tidak hanya itu, petugas PLN juga sering terlihat melaksanakan perbaikan gangguan listrik di rumah-rumah masyarakat hingga di jaringan listrik yang mengalami gangguan. Sehingga petugas PLN sudah sangat lekat ada di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga kenyamanan masyarakat menggunakan listrik.

Semenjak berjalannya program Transformasi PLN yang dicanangkan oleh manajemen PLN untuk seluruh unit PLN di seluruh Indonesia, terlihat jelas peningkatan pelayanan petugas PLN dalam berbagai aspek yang semakin baik. Hal ini memungkinkan karena masyarakat dapat memberikan rating pelayanan secara langsung kepada petugas PLN yang telah melaksanakan layanan kelistrikan di rumah masyarakat lewat aplikasi PLN Mobile.

Intan sebagai pelanggan yang sudah merasakan baiknya pelayanan PLN di wilayah rumahnya di daerah Paniki pun memberikan komentar bagaimana perubahan antara pelayanan PLN yang dulu dengan sekarang.

“PLN sekarang sudah sangat berbeda dari dulu soal pelayanannya. Jujur kami sangat terkejut dengan pelayanan petugas PLN pada kami, petugas PLN melayani kami dengan begitu ramah dan sabar mendengar keluhan kami,” ungkap Intan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hanna sebagai pelanggan PLN di wilayah Manado, “Berbagai keluhan kami dan juga kebutuhan kami mampu dijawab PLN dengan sangat cepat sehingga kami pun merasakan puas dan rasa nyaman saat menghubungi PLN,” katanya.

Perubahan ini tentu saja membawa keuntungan baik untuk masyarakat dan untuk PLN. Bagaimana tidak, pelayanan yang baik dan cepat tentu saja membawa kenyamanan tersendiri bagi masyarakat yang sudah lama mempercayakan pelayanan kelistrikannya pada PLN.

Bagi PLN sendiri sebagai penyedia jasa layanan publik, peningkatan pelayanan ini merupakan kepuasan tersendiri di mana PLN mampu memenuhi mandat pemerintah untuk menyediakan fasilitas tenaga listrik yang memadai dan juga pelayanan publik yang memuaskan.

Namun, masih banyak tantangan PLN dalam menghadirkan terang bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya masih banyak oknum tertentu yang berupaya memanfaatkan pelayanan PLN dengan mengintimidasi petugas PLN yang sedang bekerja dengan berbagai tindakan tidak terpuji.

Jovan Moningka, petugas PLN yang sehari-harinya bekerja sebagai petugas pelayanan teknik di Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manado Selatan menuturkan bahwa dirinya bekerja melistriki seluruh pelanggan dengan sepenuh hati walaupun harus dihadapkan pada risiko jarang bersama dengan keluarga di rumah karena harus memastikan pelayanan listrik bisa memuskan seluruh pelanggan.

“Tidak menutup kemungkinan, tanggung jawab kami untuk menjaga kelistrikan harus terlaksana walaupun harus berpisah dengan keluarga yang kami sayangi. Tapi hal itu tidak menjadi penghalang untuk dapat membawa terang bagi masyarakat semua,” ungkap Jovan.

Dirinya pun menyampaikan bahwa dia dan seluruh petugas PLN pun sudah ikhlas menghadapi berbagai kejadian yang tak ayal sering menimpa dirinya dan rekan-rekannya kala harus mendapati tindakan kurang menyenangkan dari oknum-oknum tertentu yang berupaya mengintimidasi dirinya saat sedang bekerja di lapangan.

“Seringkali kami mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari oknum-oknum tertentu yang tidak ingin melihat PLN berkembang tapi hal tersebut tidak masalah karena kami punya niat ikhlas dalam melistriki masyarakat,” ujarnya menyampaikan dengan senyum ikhlas.

Melihat berbagai perkembangan ini pun, Ari Dartomo selaku General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) menyampaikan bahwa pihaknya siap dan berkomitmen penuh untuk memberikan layanan terbaik pada seluruh pelanggan.

“Kami tentunya melihat berbagai tantangan yang ada sebagai sebuah peluang untuk menunjukan komitmen kami sebagai pembawa terang bagi seluruh masyarakat,” kata Dartomo.

“Untuk itu kami memohon dukungan penuh dari segenap masyarakat untuk setiap program kami agar kami mampu memberikan layanan yang memuaskan semua pelanggan,” tutup Dartomo.

PLN terus mendorong peningkatan pelayanan salah satunya dengan sosialisasi tanpa henti penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai layanan one stop service PLN untuk berbagai solusi kelistrikan masyarakat.

Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.(71)

Komentar