Bandara Samrat Kembali Beroperasi, Penumpang Lega Akhirnya Berangkat Juga

METRO, Manado- Operasional Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado kembali dibuka mulai pukul 12.00 Wita hari ini. Sebelumnya bandara kebanggaan warga Sulawesi Utara ini sempat ditutup akibat sebaran abu vulkanik hasil erupsi Gunung Ruang.

General Manager Bandara Samrat, Maya Damayanti, mengungkapkan bahwa pembukaan kembali operasional bandara diputuskan dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh pihak Otband Wilayah VIII, Airnav Indonesia, BMKG, dan maskapai penerbangan.

“Akhirnya diputuskan operasional Bandara Sam Ratulangi dibuka kembali di jam 12.00 Wita, Senin 22 April hari ini,” ujar Maya.

Ia mengatakan, keputusan ini berdasarkan hasil dari uji yang dilakukan melalui paper test yang dipasang di beberapa titik-titik airside serta hasil pantauan dari citra satelit BMKG dan koordinasi dengan PVMBG, yang telah menetapkan bahwa erupsi Gunung Ruang sudah pada level status jaga bukan awas lagi. “Artinya sudah pada level 3. Debu vulkanik sudah terkena hujan sehingga akan meluruhkan abu tersebut,” ucapnya.

“Runway sudah siap digunakan karena air hujan yang sudah meluruhkan abu-abu yang tersebar di area runway, taxiway dan apron,” kata Maya menambahkan.

Pembukaan kembali operasional Bandara Samrat disambut gembira para penumpang, pasalnya sudah 4 hari sejak Kamis tanggal 18 April 2024 mereka tak kunjung berangkat karena bandara ditutup akibat erupsi Gunung Ruang.

“Dijadwalkan 12 pesawat dengan 1.233 penumpang yang akan berangkat, namun maskapai penerbangan memerlukan waktu untuk mempersiapkan terhadap penumpang dan pesawatnya. Penumpang dihimbau bisa menghubungi maskapai penerbangannya masing masing,” tutur Maya.(71)

Komentar