Dispora Minut dan KNPI Sosialisasi Pemuda Kader Pemimpin Masa Depan

METRO, Airmadidi – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui satuan Dinas Kepemudaan dan Olahraga berkolaborasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kepengurusan Minut menggelar kegiatan sosialisasi pemuda kader pemimpin masa depan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel, Selasa (30/04/2024) ini dibuka oleh  Kadis Kepemudaan dan Olahraga Minut Audy Sambul mewakili Bupati Joune Ganda. Dalam sambutannya Kadis, mengatakan sebagaimana implementasi Undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, memiliki tanggung jawab untuk pemberdayaan, mengembangkan, penyadaran serta Koordinasi dan melakukan kemitraan dengan pemuda.

“Pemuda kader di Minut saat ini menghadapi berbagai tantangan dan peluang global di era milenium. Dengan masifnya perkembangan ilmu dan teknologi mengharuskan pemuda terus berkembang dan bertumbuh dalam karakter Indonesia khususnya tanah Toar Lumimuut tanpa meninggalkan jati diri pemuda daerah,” tutur Sambul.

Kadis berharap melalui kegiatan ini, pembentukan pemuda kader Kabupaten Minut salam berbagai sektor dan disiplin ilmu, mampu mengembangkan pengkaderan yang berwawasan religius, nasional, sadar hukum, berkarakter serta berjiwa sosial serta menjadi motivasi bagi pemuda kader dalam berbagai sendi kehidupan, baik berorganisasi maupun bermasyarakat.

Lanjutnya dalam waktu dekat dikatakan kadis Audy, Kabupaten Minut akan mendorong dan melaksanakan rencana aksi daerah (RAD) pelayanan kepemudaan.

“Program ini merupakan pekerjaan lintas sektor yang akan dikerjakan bersama-sama antara pemerintah dan organisasi kepemudaan yang termuat dalam RPJMD Kabupaten Minahasa Utara. Sasaran strategi RAD pelayanan kepemudaan kepemudaan untuk mendukung indeks pembangunan pemuda yang meliputi penguatan kapasitas dan kelembagaan pemuda, peningkatan partisipasi aktif dari pemuda dalam bidang sosial dan politik serta mencegah perilaku berisiko pemuda,” pungkas Kadis.

Sekertaris Dispora Johan Wewengkang yang juga Ketua panitia pelaksana dalam laporannya, menyebut sasaran dan tujuan kegiatan sebagai sarana sosialisasi, menumbuh kembangkan pemuda kader yang berwawasan religius, nasionalis, sadar hukum, berkarakter, serta berjiwa sosial. Serta memberikan motivasi bagi pemuda kader dalam pemanfaatan peluang dan menghadapi tantangan.

Narasumber dalam sosialisasi ini yaitu Kabid Pemberdayaan Pemuda Ruben Lengkong, Staf Khusus Bupati Minut Bidang Kepemudaan dan Olahraga Leopold Bokong dan Ketua KNPI Minut Virgino Dondokambey. (Adv/RAR/**)

Komentar