oleh

SHS: Rute Manado-Davao Segera Dibuka

-Pariwisata, Politik-71 views

METRO, Manila- Rute penerbangan Manado-Davao pulang pergi yang sudah lama ditutup, rencananya akan dibuka lagi. Hal itu diungkapkan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Filipina, Kepulauan Marshall dan Republik Palau, Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS). 

Bahkan, menurut SHS, rute strategis ini akan segera direalisasikan. 

“Diusahakan tahun ini. Semoga penerbangan bisa tiap hari,” ungkap dia saat berada di KBRI Manila, akhir pekan lalu. 

Dengan pembukaan kembali rute ini, diharapkan dapat mendorong kemajuan pariwisata di Sulut, termasuk sektor lainnya. 

NUANSA SULUT

Sementara itu, resepsi diplomatik dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 digelar di Hotel Diamond, Manila, Filipina, Sabtu (25/08) malam. Acara kenegaraan yang dihadiri para menteri dan pejabat militer Filipina serta duta besar negara sahabat ini diwarnai nuansa seni dan adat Sulut. 

Hajatan dibuka dengan aksi Tim Kolintang Ikatan Nyong dan Noni Sulut (INNS). Selanjutnya, dinyanyikan lagu kebangsaan Filipina dan Indonesia. 

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Filipina, Kepulauan Marshall dan Republik Palau, Dr Sinyo Harry Sarundajang kemudian menyampaikan ucapan selamat datang dan sambutan diikuti wakil Pemerintah Filipina. 

Nuansa Sulut semakin kental saat secara bergantian, Tim Tari Ikatan Wulan Waraney Minahasa (IWWM) dan Paduan Suara Unima, serta Tim Kolintang INNS tampil di pentas. Termasuk fashion show Batik Tou Minahasa. Atraksi budaya dan seni dari berbagai daerah di Indonesia lainnya juga ditampilkan.

Dalam sambutannya, SHS sempat mengungkapkan soal  hubungannya dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang sudah terjalin sekian lama sejak dirinya masih menjadi Walikota Bitung. Ada keinginan baik dari kedua negara untuk terus menjalin dan meningkatkan hubungan baik yang sudah terbangun selama ini, termasuk misi menjaga perdamaian  dunia. Hal senada juga diungkapkan wakil Pemerintah Filipina yang mengakui eratnya hubungan SHS dan Duterte. 

Sementara itu, terkait kentalnya nuansa seni dan budaya Sulut di acara tersebut, Ketua INNS Hanny Joost Pajouw (HJP) dan Ketua IWWM, Prof Desy Mantiri, angkat jempol untuk SHS. “Apresiasi patut diberikan kepada Pak Dubes yang menampilkan atraksi seni dan budaya Sulut di pentas internasional. Apalagi ini acara kenegaraan yang dihadiri para menteri Filipina dan banyak duta besar negara sahabat,” kata keduanya.

Penulis: Jemmy Bugsy Saroinsong